Apakah terlambat haid 1 minggu merupakan gejala hamil?

MR Info Penanya: MR, Wanita, 22 Tahun
dok saya sudah telat 1 Minggu tapi belum ada gejala apapun hanya saja saya cepat sekali lelah mudah mengantuk kecuali pada malam hari sulit sekali tidur saya juga sering sekali sakit perut bagian kiri kadang kanan kadang juga semua bagian perut dan itu seperti nyerii apakah itu gejala hamil atau penyakit lainnya dok? mohon penjelasannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MR,

Terlambat haid adalah salah satu gejala yang bisa dikaitkan dengan kehamilan. Meskipun begitu, tidak selalu terlambat haid disebabkan oleh kehamilan. Beberapa penyebab terlambat haid lainnya adalah seperti gangguan hormona, gangguan organ reproduksi, masalah keseharian seperti stres, berat badan yang tidak ideal, kelelahan, gangguan kesehatan lain dan juga beberapa faktor lain.

Sakit perut sendiri bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan dimana pada wanita penyebabnya bisa cukup luas seperti gangguan pencernaan, gangguan organ reproduksi, infeksi saluran kemih, ataupun lainnya.

Jika sudah menikah ataupun ada riwayat melakukan hubungan seksual pada siklus menstruasi sebelumnya, maka ada baiknya bisa melakukan pemeriksaan awal kehamilan menggunakan testpack. 

Ada baiknya juga bisa menjaga pola makan, banyak minum air putih, kelola stres, jaga pola istirahat, dan juga perhatikan apa yang menjadi pemicu timbulnya sakit perut dan gejala lain apa yang menyertai. Agar nantinya bisa membantu dokter menentukan penyebabnya dan memberikan penanganan yang tepat. Periksakan segera pada dokter jika keluhan terasa lebih hebat, timbul perdarahan, mual atau muntah dan gejala lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Yoga dapat menyeimbangkan kondisi hormon sehingga gangguan haid bisa teratasi

Lakukan 7 Cara Ampuh Mengatasi Haid Tidak Lancar Ini

Gangguan menstruasi adalah gangguan yang terjadi akibat ketidakseimbangan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Beberapa cara mengatasi haid tidak lancar, antara lain olahraga, yoga, dan mengonsumsi vitamin D.