Apakah terlalu sering onani berbahaya bagi kesehatan?

S Info Penanya: S, Pria, 22 Tahun
"dokter saya ingin bertanya" apakah terlalu sering melakukan onani bisa berbahaya bagi kesehatan.???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, S

Terimakasih sudah bertanya di Forum SehatQ.

Onani atau masturbasi merupakan tindakan yang masih masuk dalam kategori wajar. Perilaku tersebut dilakukan oleh pria dan wanita. Masturbasi juga tidak termasuk kedalam suatu kelainan psikologi bila dilakukan secara wajar dan tidak berlebihan. 

Onani berbahaya bagi kesehatan bila dilakukan dengan tidak higienis atau kurang bersih. Karena bila dilakukan secara tidak higienis beresiko mengakibatkan infeksi pada kulit genitalia. Sedangkan pengaruhnya kepada organ itu sendiri tidak ada. Tidak menyebabkan suatu gangguan klinis misalnya gangguan saluran kencing atau kanker pada prostat.

Efeknya terhadap psikis juga tidak ada. Psikis bisa terganggu jika ada perasaan bersalah saat melakukan masturbasi tersebut. Misalnya terhadap pasangan atau istri anda. Perasaan bersalah tersebutlah yang mengakibat gangguan ereksi, bukan karena terlalu sering onani. Bahkan masturbasi bisa membantu dalam terapi ejakulasi dini. Masturbasi bisa dianggap sebagai latihan untuk menahan ejakulasi jangan keluar terlalu cepat. Dengan merasakan sensasi sebelum ejakulasi, maka anda dapat mengatur ritme saat sedang bercinta dengan pasangan. Sehingga performa anda lebih memuaskan pasangan.

Bila anda ragu, dapat konsultasi dengan Dokter Spesialis Andrologi untuk informasi lebih detil lagi.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Baik pria dan wanita, termasuk ibu hamil, sama-sama bisa mendapatkan manfaat onani

Tak Perlu Malu, Ini Manfaat Onani untuk Kualitas Hidup Anda

Onani atau masturbasi, kerap dianggap sebagai hal yang memalukan untuk dilakukan. Padahal sebenarnya, aktivitas seksual ini aman dilakukan, serta memiliki sejumlah manfaat. Baik pria maupun wanita, dapat merasakan manfaat onani, yang telah terbukti secara medis.