20 Sep 2019, 15:17Penyakit Lainnya

Apakah terlalu sering masturbasi dapat menyebabkan ejakulasi dini?

RS
Info Penanya: RS, Pria, 2019 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya, apakah sering manstrubasi menyebabkan ejakulasi dini? Dan kenapa d bagian lutu sering merasakan sakit? Terimakasih.
27230 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sandy Aditya Pradana
(0)
Selamat malam R. Ejakulasi dini adalah kecenderungan orgasme yang terjadi terlalu cepat atau di luar keinginan, Ejakulasi dini biasanya terjadi pada rangsangan seksual minimal; baik sebelum atau sesaat setelah penetrasi seksual. Klimaks terlalu cepat juga bisa dialami saat masturbasi.Masturbasi atau onani sebenarnya merupakan hal yang normal dilakukan. Masturbasi sebenarnya tidak mempunyai efek samping tertentu jika dilakukan secara benar dan wajar. Namun, kebiasaan masturbasi yang dilakukan dengan cepat, misalnya karena takut akan tertangkap orang lain saat masturbasi, dapat menjadikan tubuh akan terbiasa berejakulasi secara dini. Teralu sering melakukan masturbasi dalam jangka waktu yang panjang juga beresiko menyebabkan ejakulasi dini. Hal tersebut disebabkan karena pada saat masturbasi inidividu cenderung ingin cepat mencapai klimaks/ejakulasi. Hal tersebut akan membuat psikis/pikiran akan ingin cepat ejakulasi juga saat melakukan hubungan seks yang sebenarnya. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadiya ejakulasi dini:
  • disfungsi ereksi
  • kondisi kesehatan, misalnya penyakit jantung, gangguan kelenjar tiroid
  • faktor emosional, seperti stres
Masturbasi juga dapat menyebabkan efek samping seperti luka dan infeksi pada kemaluan jika dilakukan dengan bantuan alat, dll. Tetapi disarankan tidak terlalu sering melakukan masturbasi, misalnya dengan menyibukkan diri, tidak membaca atau menonton konten yang berbau pornografi, dan berpikiran positif. Apabila masturbasi dilakukan terlalu sering hingga mengganggu kehidupan sehari-hari seperti pekerjaan, maka disarankan agar Anda periksa dan berkonsultasi ke dokter Agar dapat diberikan pemeriksaan dan penatalaksanaan yang tepatSemoga bermanfaatSalam Sehat,dr. Sandy Aditya P.
ejakulasi dinigangguan psikologismasturbasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil