Apakah terkena covid-19?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 15 Tahun
Malam dok, Kemarin sya hbis dftar skolah lalu beli seblak & es, saat plang badan saya lemas, sakit tenggorokan sampai telinga, saat saya minum air putih sakit tenggorokannya ilang tetapi nanti muncul lagi, kaki dan tangan terasa dingin padahal tidak ada ac ataupun kipas, batuk,pilek, perut saya sakit, selalu bersendawa (sudah 3 minggu) , terasa demam tetapi saat diukur 36 derajat,pusing tetapi hanya bentar,saat sya memikirkan apakah saya terkna covid saya makin drop. Apakah saya terkena covid?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam N,

Infeksi Covid 19 memang memiliki beragam gejala yang sulit dibedakan dari flu biasa, tapi kondisinya bisa ringan sampai berat. Apabila pusing dan juga batuk pilek bisa tidak selalu karena covid atau infeksi corona, bisa juga disebabkan oleh flu, common cold, infeksi saluran napas, ataupun bisa karena penyebab lain.

Jika sering kali badan tidak fit, nyeri tenggorokan, bisa juga disebabkan oleh pola makan yang tidak baik, kurang asupan cairan, makan tidak teratur, kurang tidur dan kebiasaan harian yang buruk lainnya. Perhatikan kebiasaan harian agar diperbaiki sehingga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan tubuh kembali bugar.

Upayakan beberapa hal seperti:

  • Tidur 7-8 jam sehari
  • Minum air putih lebih dari 2 liter perharinya
  • Makan makanan yang bernutrisi terutama sayur dan buah yang kaya vitamin dan mineral
  • Konsumsi tambahan vitamin
  • Jaga perilaku hidup bersih dan sehat dengan selalu menggunakan masker terutama jika bepergian keluar rumah dan rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir

Lakukan juga pembatasan sosial dan pembatasan fisik agar mencegah penularan virus covid 19 ataupun infeksi lainnya. Perhatikan jika tetap tidak ada perbaikan segera periksakan diri pada dokter terdekat. Upayakan juga hindari makanan yang pedas, makanan yang asam, makanan yang bersantan, dan juga minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, cokelat, dan minuman bersoda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bila busui positif corona, gunakan masker saat menyusui bayi Anda

Ibu Menyusui Terinfeksi Virus Corona, Bolehkah Tetap Menyusui Si Kecil?

Ketika ibu menyusui terinfeksi virus corona penyebab Covid-19, Anda tentu saja merasa khawatir jika ASI yang diberikan akan menularkan virus pada bayi. Namun, benarkah demikian?