Apakah terapi yang baik untuk menangani keloid?

OA Info Penanya: OA, Wanita, 2019 Tahun
Obat apa yg bagus untuk luka yg kini sudah sembuh tetapi menjadi bekas seperti keloid
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, OA

Terimakasih atas telah bertanya di Forum SehatQ.

Pada saat kulit terluka terbentuk jaringan parut dari fibrosa untuk memperbaiki dan melindungi bagian yang cedera. Kadang jaringan parutnya tumbuh berlebih menjadi keloid. Keloid bisa timbul di bagian mana saja pada tubuh, dan sifatnya tidak berbahaya.

Perawatan di rumah

Timbulnya keloid bisa berulang dan kadang malah tumbuh lebih besar dari sebelumnya. Sebelum dilakukan tindakan mengangkat keloid. Coba dikasih pelembab agar jaringan tetap lembut. Lama kelamaan akan menyusut dan menjadi lebih rata.

Sebaiknya konsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit untuk perawatan lebih lanjut. Karena perawatan keloid memerlukan terapi jangka panjang. Setelah tindakan pengangkatan keloid, ada kemungkinan akan tumbuh kembali dengan ukuran lebih besar. Saat ini tindakan yang paling dianjurkan adalah dengan cryosurgery sehingga jaringan keloid dibekukan dengan harapan tidak tumbuh kembali. Memang mencegah keloid timbul kembali termasuk hal yang menantang.

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

 

   
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nutrisi penting untuk kulit biasanya berupa tembaga peptida, kolagen, dan kombucha

Nutrisi Penting untuk Kulit Ada pada Makeup

Tahukan Anda bahwa nutrisi penting untuk kulit bisa Anda temukan dalam kosmetik, terutama makeup? Beberapa nutrisi penting seperti vitamin C, tembaga peptida, kolagen, dan kombucha dipercaya dapat memberikan manfaat bagi kulit Anda.