Apakah terapi totok wajah bisa obati sakit kepala?

PR Info Penanya: PR
Dokter, saya Ibu Rumah Tangga. Saya mau bertanya karena belakangan sering mengalami sakit kepala bagian belakang. Sudah minum obat sakit kepala dari supermarket, tapi kadang-kadang kambuh lagi. Belakangan saya coba terapi pijat wajah/totok wajah di salon kecantikan. Memang terasa rileks dan lumayan tidak sakit lagi. Namun, apakah terapi totok wajah itu bisa mengobati sakit kepala dok? Ada bahayanya ga ya? Terima kasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi PR,

Sakit kepala adalah salah satu kondisi atau gejala yang banyak dialami hampir semua orang. Penyebab sakit kepala juga beragam mulai karena gangguan di kepala itu sendiri ataupun juga karena adanya pemicu akibat kondisi kesehatan lainnya. Dimana yang tersering sendiri adalah sakit kepala tipe tegang yang bisa dipicu oleh otot sekitar leher dan bahu yang tegang, stres, pola hidup yang kurang baik, terlambat makan, kurang istirahat, paparan layar atau gadget yang terlalu lama, dan beragam penyebab lainnya dimana bisa berulang jika pencetusnya tidak dihindari sehingga memicu sakit kepala berkepanjangan.

Untuk mengatasinya bisa dilakukan beragam cara mulai dari mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol, melakukan peregangan, memperbaiki pola hidup seperti cukup istirahat dan tidur, perbanyak minum air putih, aktif bergerak, tidak melewatkan waktu makan, dan juga bisa melakukan relaksasi seperti dengan mandi air hangat, melakukan pijatan atau massage untuk melemaskan otot, dilakukan totok wajah dan beragam cara lainnya. Jika sakit kepala berkepanjangan ada baiknya memeriksakan diri pada dokter untuk memastikan penyebabnya.

Totok wajah sendiri memiliki beragam manfaat tetapi tentunya jika dilakukan oleh mereka yang terlatih karena berbeda cara dan lokasi bisa memberi manfaat yang bebeda. Salah satu manfaatnya adalah meredakan sakit kepala terutama jika fokus pada titik Taiyang di pelipis wajah. Untuk durasi sendiri tidak ada batasan pasti. Jadi baiknya juga jangan terlalu berlebihan terutama jika memiliki gangguan kesehatan lain seperti gangguan jantung, penyakit sendi, ataupun penyakit kronis lainnya karena juga bisa memicu gangguan persarafan wajah. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi P.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit kepala belakang dapat disebabkan oleh kerusakan saraf dan radang sendi tulang belakang

Sakit Kepala Belakang? Ketahui 6 Penyebabnya!

Sakit kepala belakang adalah gangguan yang menimbulkan rasa berdenyut dan seperti ditusuk-tusuk di kepala bagian belakang. Kondisi ini dapat berlangsung 30 menit hingga satu minggu. Penyebab sakit kepala belakang beragam.