Apakah tempat gym dapat menularkan virus corona?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Pagi dok, mau tanya, sejak beberapa tahun lalu, saya aktif sekali berolahraga. Nah sekarang kan sedang diterapkan social distancing dan self-isolation, kantor saya juga sudah menerapkan work form home. Saya jadi bingung, dok, apakah aman kalau saya tetap pergi ke tempat gym untuk berolahraga? Atau lebih baik saya berolahraga di rumah, dok? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi L,

Corona adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus corona yang sangat ditakuti akhir-akhir ini karena penularannya yang cepat dan dapat berujung hingga kematian.

Yang penting untuk diketahui adalah proses penularan virus corona ini melalui percikan droplet yakni percikan air ludah atau ingus saat penderita corona batuk atau bersin dan menempel pada mukosa bibir, hidung dan mata kita.

Namun virus ini bisa juga ada di dalam tubuh orang yang disebut dengan carrier atau yang disebut dengan istilah orang tanpa gejala (OTG). Jadi orang-orang yang tampaknya sehat atau tidak bergejala apapun bisa saja di dalam tubuhnya sudah mengandung virus corona. Namun karena daya tahan tubuhnya baik, maka tidak menunjukkan gejala, tetapi tetap dapat menularkan virus ke orang lain yang kondisi daya tahan tubuhnya sedang tidak baik.

Oleh karena itu kita perlu melakukan social distancing untuk mencegah kemungkinan penularan virus dari orang-orang yang mungkin saja carrier tersebut, dan berusaha meningkatkan daya tahan tubuh.

Sehingga ada baiknya tetap berolahraga namun di dalam rumah, karena perlu menghindari kontak dengan orang lain seminimal mungkin. Karena fasilitas umum yang dipakai secara bersama-sama lebih besar kemungkinannya untuk menularkan virus corona.

Lakukan karantina di rumah dan terapkan pola hidup sehat dengan cara makan, minum dan tidur secara teratur, dan tidak lupa olahraga ringan 30 menit setiap hari. Sebisa mungkin hindari berpergian keluar rumah bila tidak ada keperluan yang mendesak, dan gunakan masker saat berpergian dan rutin cuci tangan.

Lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat bila ada keluhan demam lebih dari 3 hari, batuk pilek, nyeri menelan atau sesak napas.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pandemi adalah epidemi yang menyebar ke beberapa negara

Pandemi Corona Virus Gelombang Kedua, Mungkinkah Terjadi?

Pandemi corona belum usai dan dunia masih berperang melawan virus ini. Bahkan, pandemi ini diprediksi akan mengalami gelombang kedua yang lebih parah nantinya.