16 Mar 2021, 12:18Kandungan

Apakah telat haid atau tidak setelah berhubungan?

NH
Info Penanya: NH0
Dok saya mau tanya kemaren tgl 14 february hari pertama saya haid dan di tgl 22 february saya berhubungan dengan pasangan saya tapi pasangan saya mengerluarkan dri luar di letakkan ejakulasinya di atas dada tpi sekarang sudah tgl 16 maret sya msih blum haid apakah saya hamil atau telat datang bulan dok mohonh jawabnnya??
141 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam NH,Melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan pengaman adalah salah satu kondisi yang memiliki peluang terjadinya kehamilan. Meskipun saat berhubungan tidak terjadi ejakulasi di dalam vagina, apabila berhubungan tanpa mengggunakan kontrasepsi dapat terjadi keluarnya cairan preejakulasi yang bisa terdapat sel sperma dan membuahi sel telur.Apabila saat ini terlambat haid, ada baiknya ditunggu 1-2 minggu kedepan. Apabila tetap tidak juga haid maka ada baiknya dilakukan pemeriksaan kehamilan dengan alat testpack untuk menilai apakah hamil atau tidak. 

Penyebab lain terlambat menstruasi

Jika ternyata hasil testpack negatif, maka bisa bukan karena kehamilan. Beberapa kemungkinan lain yang bisa jadi penyebabnya diantaranya adalah:
  • Stres atau cemas
  • Gangguan hormon
  • Kelelahan
  • Masalah di organ reproduksi
  • Kebiasaan begadang
  • Aktivitas fisik berat
  • Efek kondisi kesehatan lain
Jadi untuk saat ini upayakan tidak terlalu cemas ataupun stres, jika penasaran bisa segera dilakukan testpack mengingat ketika melakukan hubungan sudah diluar siklus haid dan bisa sudah mulai memasuki masa subur. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidhubungan seksualtes kehamilantest pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil