Lepas KB suntik dan belum juga haid apakah bisa hamil?

DA Info Penanya: DA, Wanita, 35 Tahun
Dok sy kan sdh lepas kb 3 bln selama kb sy tidk haid smp skrg jg sy blm haid apakah ada kemungkinan sy hamil mskpn blm haid
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, D

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

KB suntik merupakan salah satu jenis KB hormonal yang banyak digunakan oleh para ibu. KB ini berisi hormon progesteron yang berfungsi mencegah pelepasan sel telur dari ovarium setiap bulannya dan menebalkan lendir di leher rahim sehingga menyulitkan sperma untuk masuk. 

Pada saat Anda lepas KB suntik, maka masa subur Anda tidak dapat langsung kembali normal. Butuh waktu yang cukup lama agar kesuburan bisa normal kembali. Ini dipengaruhi oleh hormon masing-masing setiap orang. 

Walaupun begitu, Anda masih ada kemungkinan untuk hamil jika Anda melakukan hubungan seksual dengan pasangan Anda. Meskipun Anda belum juga haid sejak lepas KB. Hal ini dipengaruhi oleh masa subur Anda, makanan yang Anda konsumsi, kesehatan organ reproduksi Anda dan pasangan. 

Jika Anda merasakan ada tanda-tanda kehamilan seperti mual, muntah, badan lemas, perubahan pada payudara, kram perut, perubahan mood, dan pusing, maka saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan testpack atau berkonsultasi lebih lanjut ke dokter kandungan.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

KB steril cocok dilakukan oleh pasangan yang tidak mau lagi memiliki keturunan

KB Steril Bisa Hamil Lagi? Kemungkinan Tetap Ada Walau Kecil

KB steril adalah pilihan permanen dan minim risiko untuk mencegah kehamilan. Kemungkinan pengguna KB steril bisa hamil lagi sangatlah kecil.