Apakah TBC sudah sembuh jika sudah tidak batuk?

RK Info Penanya: RK, Wanita, 45 Tahun
Selamat sore dokter, kalau sebelumnya memiliki TBC tapi batuknya sudah sembuh, apakah berarti TBCnya juga sudah sembuh? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu RK,

Kuman TBC yaitu mycobacterium tuberkulosa adalah kuman yang sangat kuat dan hanya dapat dibasmi oleh OAT atau Obat Anti Tuberkulosa. Waktu untuk membunuh kuman ini juga tergolong lama yaitu enam bulan, sembilan bulan sampai 12 bulan, tergantung dengan berat ringannya infeksi yang dialami oleh penderuta.

Batuk adalah salah satu gejala menderita penyakit Tb. Dengan pengobatan rutin selama 1 bulan umumnya semua gejala sakit termasuk batuk sudah hilang, pengobatan sampai bulan ke tiga kerusakan di paru-paru mulai pulih lagi. Namun kuman penyebab sakit belum mati, sehingga tetap harus minum OAT secara teratur sesuai dosis rujukan dokter sampai minimal enam bulan.

Pada permulaan pengobatan, bulan ke tiga dan bulan ke enam akan dilakukan pemeriksaan lendir dan foto rontgen dada untuk menilai kemajuan pengobatan dan kesembuhan penyakit.

Bila minum obat tidak dilanjutkan sampai waktu yang ditentukan maka, kuman akan menjadi resisten atau menjadi lebih kuat dan tahan terhadap OAT sehingga saat minum OAT lagi, tidak sanggup untuk membunuh kuman Tb. Sedangkan hanya tersedia sampai saat ini OAT sebagai obat untuk Tbc belum ada obat lainnya. Pengobatan yang tidak tuntas juga menyebabkan komplikasi dan memperparah sakit sampai menyebabkan kematian pada penderita Tb.

Sebaiknya lanjutkan minum obat secara teratur dan ikuti petunjuk dari Dokter, jadilah bijaksana untuk kepentingan kesehatan Ibu sendiri dan orang sekitar. Tbc adalah penyakit yang sangat mudah diobati hanya memerlukan waktu yang lama. Namun, saat ini menyebabkan kematian yang tinggi karena komplikasi dan ketidakpatuhan dalam pengobatan.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab badan kurus tanpa alasan bisa berupa faktor keturunan hingga penyakit tertentu

Jangan Senang Dulu, Kenali Penyebab Badan Kurus Meski Tidak Diet

Badan kurus tanpa alasan, ternyata ada beberapa faktor penyebabnya yaitu, hipertiroid, tuberkulosis, diabetes, dan gangguan sistem pencernaan.