Apakah TB paru bisa kambuh lagi?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 30 Tahun
Dok saya pernah sakit TB paru dn melakukan pengobatan smpe tuntas selama 8 bulanLalu minggu kemarin sya melakukan rontegen thorax di karenakan sya mengalami kecelakaan lalu lintasDr hasil rontegen thorax ada diagnosa TB paru aktif,tp selama ini sya tdk mengalami gejalan TB paru,tidak batuk,tidak demam,tidak berkeringan,dn berat badan jg tidak turun
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

TBC adalah salah satu masalah infeksi pada paru-paru yang seringkali dialami seseorang, karena penularannya mudah dan seringkali berhubungan dengan sirkulasi udara yang tidak baik. Selain itu kurangnya pengetahuan bahwa orang yang tinggal serumah memerlukan pemeriksaan bersama-sama untuk mencegah kemungkinan saling menularkan bakteri, karena pada tahap awal seringkali tidak bergejala.

TBC ini bisa kambuh kapan pun meski Anda sudah rutin meminum obat dan sudah tuntas melakukan pengobatan. Namun untuk memastikan penyakit TBC Anda benar-benar kambuh atau tidak, maka Anda harus melakukan pemeriksaan darah lengkap, LED, cek dahak 3 kali (SPS), atau melakukan pemeriksaan IGRA. Karena tidak bisa menegakkan diagnosa hanya berdasarkan hasil foto rontgen, terlebih saat ini Anda tidak bergejala sama sekali, harus dikonfirmasi dengan pemeriksaan penunjang lainnya. Mengingat pengobatan TBC sangat lama, sehingga tidak bisa sembarangan memulai pengobatan kembali.

Selain itu perlu dipastikan apakah selesai pengobatan sudah melakukan pemeriksaan ulang? Karena bisa saja terjadi resistensi obat di mana bakteri kebal dengan obat-obatan yang Anda minum, sehingga TBC nya belum sembuh dan membutuhkan pengobatan yang lainnya.

Pastikan gunakan masker dan lakukan pemeriksaan yang lain untuk melengkapi hasil foto rontgen serta konsultasikan ke dokter paru untuk memastikan kondisi paru-paru Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ilustrasi bakteri penyebab TBC kulit

Mengenal TBC Kulit, Penyakit Langka yang Gejalanya Sulit Dikenali

TBC kulit disebabkan oleh bakteri Mycrobacterium yang juga menyebabkan TBC paru. Meski hanya menimpa sebagian kecil dari penderita TBC di luar paru, penyakit ini tetap perlu diwaspadai. Seperti apa gejala dan tipe dari TBC kulit ini?