Apakah tangan yang terkena sperma bisa menyebabkan hamil?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 16 Tahun
Jadi gini Dok, nama saya R umur 16th kemarin saya melakukan masturbasi dengan pacar saya (cowo), nah sebelum masturbasi dia sempat ejakulasi ditangan setelah itu dia mencuci tangan dengan air (tidak pakai sabun), setelah itu dia masturbasi di Miss V aku. Apakah itu bisa menyebabkan hamil Dok?Makasi dok#STAYATHOME
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam FF,

Pembuahan adalah terjadinya pembuahan sel telur oleh sel sperma. Apabila ada 1 sel sperma saja masuk ke dalam kemaluan wanita maka bisa memicu terjadinya kehamilan. Pada kasus ini apabila sudah mencuci tangan dan ada sisa sperma memang kecil kemungkinannya sperma bisa bertahan hidup tapi kemungkinan tidak sengaja ada yang tersisa dan tanpa sengaja masuk bisa terjadi.

Jika terlambat haid perlu melakukan pemeriksaan awal kehamilan dengan testpack.

Apabila melakukan perbuatan seksual terlebih masih dibawah umur maka harus waspada, selain risiko kehamilan juga dapat terjadi penularan infeksi menular seksual dan juga risiko infeksi HIV. Selain itu bila berganti pasangan seksual juga bisa berisiko terjadi kanker di kemudian hari.

Selain itu melakukan tindakan seks diluar nikah, jika laki-laki sudah cukup umur dengan perempuan dibawah umur (kurang dari 18 tahun) bisa melanggar hukum, salah satunya juga undang undang perlindungan anak yang ancamannya bisa sampai 15 tahun penjara dan denda maksimal mencapai 5 milyar rupiah.

Jadi harap berhati-hati dan bisa lebih bijak dalam berbuat karena selain bisa terjadi risiko gangguan kesehatan, bisa juga ada risiko hukuman sosial dan hukuman pidana/penjara. Bisa juga berkomunikasi dengan orang tua dan pelajari mengenai pendidikan seksual baik bahaya dan juga cara menghindarinya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P. 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengajarkan anak untuk olahraga dapat dilakukan dengan cara yang mudah, seperti bermain bola.

Mengajarkan Olahraga Anak Tidaklah Susah, Ini Tipsnya!

Mengajarkan anak olahraga sejak dini dapat membantunya membangun pola hidup sehat sejak kecil. Anda bisa memulainya dengan mengajak anak berjalan-jalan ke taman di sekitar tempat tinggal, atau bermain bola bersama.