30 Aug 2020, 09:22Kandungan

Apakah tangan yang terkena sperma bisa menyebabkan hamil?

ZP
Info Penanya: ZP, Pria, 1 Tahun
Jadi gni dok, waktu itu saya pernah mengeluarkan sperma lalu sperma tersebut mengenai tangan saya,,lalu saya cuci dengan Air dan sabun setelah itu tangan sya dimasukan kedalam vagina,apakah akan menyebabkan kehamilan?
5835 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam ZTerima kasih atas pertanyaan AndaKehamilan terjadi karena adanya proses pembuahan, yaitu bertemunya sel sperma dengan sel telur wanita. Untuk itu, perlu dilakukan hubungan seksual pada saat wanita sedang dalam masa subur dan seorang pria harus melakukan ejakulasi di dalam vagina untuk mempermudah bertemuya kedua sel tersebut.Terkait dengan pertanyaan Anda, apabila ejakulasi dilakukan diluar vagina maka tidak terjadi permbiuahan. Sedangkan, apabila tangan Anda yang terkena sperma sudah di cuci dengan sabun dan air mengalir, perlu dipastikan bahwa tidak ada sel sperma yang tertinggal pada tangan Anda. Jika tangan Anda sudah bersih setelah cuci tangan dengan sabun dan menyentuh vagina, maka tidak terjadi kehamilan. Selain itu, perlu diketahui bahwa sperma yang baik hanya mampu bertehan beberapa menit saja pada suhu ruangan. 

Adapun ciri-ciri sperma yang baik adalah:

  • Memiliki jumlah yang cukup, setiap 1 mililiter air mani terdapat 15 juta - 200 juta sel sperma
  • Memiliki pergerakan yang baik (motilitas)
  • Memiliki bentuk yang baik (memiliki bentuk kepala oval dan ekor yang panjang)
Hubungan seksual merupakan hal yang wajar dilakukan bagi pasangan suami istri, bukan untuk dilakukan coba-coba bagi kaum remaja. Bilamana belum siap untuk terjadi kehamilan, sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual. Berkonsultasilah dengan dokter terdekat bila terdapat keluhan terkait dengan kesehatan Anda.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
hubungan sekshubungan seksualkehamilansperma
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil