21 Sep 2020, 07:20Jantung

Apakah tangan berkeringat merupakan gejala jantung?

F
Info Penanya: F, Wanita, 35 Tahun
Dok, saya sering kaget dan merasa telapak tangan mudah berkeringat. Kata tetangga saya ini gejala jantung. Saya jadi takut dok, apa benar begitu?
749 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat pagi, F.Keadaan telapak tangan yang berkeringan cukup sering diidentikan dengan penyakit jantung, namun ternyata hal tersebut tidak tepat. Pasalnya telapak tangan yang berkeringat umumnya disebabkan oleh hiperhidrosis, yang berarti kondisi dimana keringan diproduksi berlebih akibat dari aktivitas kelejar keringat yang terlampau aktif. Kondisi hiperhidrosis sejatinya dapat timbul pada berbagai bagian tubuh yang memiliki jumlah kelenjar minyak cenderung banyak seperti telapak tangan, kaki, ketiak dan lain-lainnya.Mengenai keadaan mudah kaget yang dialami, umumnya terjadi karena ketidaksiapan seseorang untuk menerima keadaan tertentu atau keadaan yang tak terduga. Setiap orang pada dasarnya memiliki batas toleransi respon kaget yang berbeda-beda. Menurut dokter ahli penyakit dalam, kendati kaget biasanya disertai dengan gejala dan tanda fisik yang melibatkan jantung seperti jantung beredebar dengan detak yang lebih keras dan cepat, namun bukan berarti merupakan gejala penyakit jantung. Karena gangguan pada jantung cukup beragam sehingga gejala yang dialami pun bermacam-macam dan jarang berhubungan dengan kekagetan. Mudah kaget sediri diduga terjadi karena masalah pada psikologis atau kondisi kejiwaan seseorang seperti keadaan stress akut, gangguan kecemasan, gangguan panik dan lain-lainnya. Ada pula faktor dan penyakit lain yang mungkin menimbulkan keluhan mudah kaget seperti konsumsi kafein dan nikotin, gangguan kelenjar tiroid dan penggunaan obat terlarang dan lain-lainnya. 

Sedangkan untuk gejala penyakit jantung, dapat berbeda-beda sesuai dengan kelainannya. Namun, umumnya meliputi :

  • sakit dada
  • detak jantung yang tidak beraturan
  • sesak napas
  • pusing
  • kehilangan kedaran secara mendadak
  • lemas

Apabila Anda merasakan beberapa gejala diatas, ada baiknya untuk melakukan skrining kesehatan jantung seperti pemeriksaan rekam jantung (EKG) atau berkonsultasi secara langsung dengan dokter Spesialis Jantung.
Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
masalah kejiwaanpenyakit jantunghiperhidrosis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil