Apakah takut jarum suntik adalah fobia berbahaya?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dokter, anak saya ini takut sekali kalau dibawa ke dokter. Katanya takut di suntik karena pernah ketakutan waktu di suntik saat kecil. Apa ini fobia yang berbahaya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Fobia adalah kondisi ketakutan dan kecemasan yang luar biasa, dan membuat seseorang menghindari penyebab tersebut. Fobia akan menyebabkan reaksi psikologis yang memengaruhi kehidupan atau kebiasaan sehari-hari. Fobia dapat dialami oleh segala jenis usia, baik dewasa maupun anak.

Fobia ditimbulkan dari berbagai kondisi, misalnya pengalaman negatif seperti yang dialami anak Anda. Fobia juga bisa disebabkan oleh faktor lingkungan, misalnya anak melihat orang dewasa yang takut jarum suntik, lalu dengan sengaja menjauhinya. Selain itu, kerapkali kita menemukan orang tua yang menakut-nakuti anak dengan "kalau nakal, nanti disuntik", sehingga terbentuk pola pikir anak bahwa disuntik adalah hukuman.

Nah, ketika anak mengalami fobia, biasanya anak akan menangis, marah-marah, atau mengalami tantrum saat melihat benda tersebut. Fobia ini termasuk fobia spesifik kepada satu benda, dan belum kompleks atau berbahaya. Anda dapat mencoba untuk menanamkan pikiran positif kepada anak untuk mengurangi ketakutannya, misalnya menjelaskan bahwa suntik harus dilakukan agar sembuh dari penyakit. Anda juga dapat berkonsultasi kepada psikolog atau psikiater anak untuk informasi lebih lanjut.

 

Terima kasih, semoga bermanfaat.

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Difteri pada anak punya kesamaan gejala dengan radang tenggorokan

Hadapi Difteri pada Anak, Ini yang Perlu Dipahami Orangtua

Difteri pada anak adalah penyakit yang mematikan. Namun jangan khawatir, tindakan pencegahan penyakit berbahaya ini sangat mudah. Anda hanya perlu memastikan si Kecil mendapatkan vaksin DPT saja.