Apakah susu skim cocok dikonsumsi saat diet?

LL Info Penanya: LL
Dok, apa benar ya susu skim lebih baik dikonsumsi saat program diet? Apa aja sih dok kelebihan dari susu skim?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang LL,

Susu skim atau skimmed milk adalah susu sapi yang diolah dengan menghilangkan kadar kadar lemaknya sehingga kadar lemaknya tidak mencapai 0,5%. Kandungan lemak ini lebih rendah dari susu sapi murni yang bisa mencapai 3,25% dan susu rendah lemak yang bisa mencapai 1% kandungan lemaknya.

Meskipun demikian kandungan nutrisi lainnya tetap ada seperti misalnya:

  • Kandungan protein 
  • Kandungan karbohidrat
  • Kandungan lemak dan lemak jenuh
  • Kandungan kalsium
  • Kandungan vitamin D
  • Kandungan omega 3 meski hanya sekitar 2,5 mg 

Untuk program diet sendiri memang susu skim dianggap bisa membantu menurunkan berat badan karena kalorinya yang lebih rendah dibanding susu lain. Pada segelas susu UHT atau susu low fat bisa mengandung sekitar 120 kalori sedangkan susu skim hanya sekitar 83 kalori.

Tetapi bukan berarti dengan meminum susu skim jadi bisa turun berat badannya ya. Dimana jika ingin melakukan program diet tetap harus diimbangai dengan pola dan asupan makan yang baik, gaya hidup yang sehat, dan juga olahraga teratur. 

Susu skim juga memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari susu lain. Meskipun begitu, susu skim memiliki kandungan vitamin yang lebih sedikit terutama vitamin yang larut lemak misalnya vitamin A atau vitamin E, kadar omega 3nya juga lebih rendah daripada jenis susu lain. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat singkong bagi kesehatan adalah untuk melancarkan pencernaan

Kenali Kandungan Nutrisi dan Manfaat Singkong untuk Tubuh

Selain sebagai sumber karbohidrat, singkong adalah makanan yang kaya akan serat yang baik untuk pencernaan, menurunkan risiko penyakit diare, dan rambut rontok.