Apakah susu akan menetralisir obat ibuprofen?

NK Info Penanya: NK, Wanita, 22 Tahun
Sore dokter. saya ada sakit gigi dan disarankan minum ibuprofen buat ngurangin rasa sakit. setelah saya baca artikel artikel yang ada kenapa malah disarankan minum dengan susu ya? bukankah itu malah menetralisir efek obat? mohon infonya dokter karena saya jadi ragu
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, NZ.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Ibuprofen adalah obat pereda nyeri golongan anti inflamasi nonsteroid (OAINS) yang juga memiliki kemampuan untuk menurunkan demam. Obat ini umumnya diberikan dokter pada kondisi nyeri kepala, sakit gigi, nyeri otot hingga radang sendi. Cara kerja dari ibuprofen ini adalah menghalangi produksi zat-zat alami yang dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh.

Walaupun termasuk kepada obat dengan golongan bebas terbatas, penggunaan obat ibuprofen ini perlu sebaiknya diresepkan oleh dokter karena dosis dan cara mengonsumsinya harus tepat dan sesuai.

Hal ini berkaitan dengan efek samping yang dapat ditimbulkan dari obat tersebut, yang meliputi :

  • Mual
  • Muntah
  • Sakit perut
  • Sakit kepala dan pusing
  • Diare
  • Sembelit
  • Hingga reaksi alergi yang berat yaitu anafilaktik

Perlu diketahui juga bahwa obat ini tidak dapat digunakan dalam jangka panjang karena dapat mengakibatkan luka pada lambung seperti halnya efek samping samping jangka panjang obat golongan OAINS lainnya.

Terkait dengan pertanyaan Anda, konsumsi susu berdekatan dengan konsumsi obat pada dasarnya bisa tidak diperbolehkan, bisa juga diperbolehkan bergantung kepada komposisi obat yang dikonsumsi. Hal ini dikarenakan pada jenis obat-obatan tertentu seperti antibiotik, kandungan dalam susu dapat mengganggu penyerapan beberapa golongan antibiotik. Namun, untuk ibuprofen dan obat golongan OAINS lainnya, yang memiliki efek samping terhadap lambung dan pencernaan, konsumsi susu justru dapat berfungsi mencegah efek samping tersebut. 

Maka dari itu, untuk setiap obat yang diresepkan dokter, tanyakanlah cara penggunaan dan komsumsi yang tepat. Jika Anda masih ragu Anda dapat berkonsultasi kembali pada dokter Anda, dan mengonsumsi obat ibuprofen dengan air putih sesudah makan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Magnesium karbonat dapat digunakan untuk mengobati dispepsia atau sakit lambung

Seputar Magnesium Karbonat, Obat Lambung Serba Bisa

Magnesium karbonat adalah suplemen sekaligus obat untuk mengatasi rendahnya kadar magnesium dalam darah dan dispepsia. Obat ini bisa dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak.