Apakah suplemen aman untuk ibu menyusui?

K Info Penanya: K, Wanita, 27 Tahun
Malam dok saya karin Kalau ibu menyusui boleh minum imboost ga?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, K.

Menyusui memiliki segala macam manfaat untuk ibu dan bayi. Untuk itu sangat disarankan pada ibu yang sedang menyusui untuk menjaga segala nutrisi dan asupan yang dikonsumsi, termasuk obat dan suplemen. Beberapa zat yang terkandung pada makanan dan obat-obatan dapat terserap oleh ASI dan akan masuk ke dalam tubuh bayi. Meskipun untuk obat-obatan, kadar yang masuk ke ASI akan jauh lebih rendah. Namun tidak menutup kemungkinan dapat berefek terhadap bayi. Perlu diketahui bahwa dengan memberikan ASI, kadar antibodi dalam sirkulasi darah ibu meningkat. Sehingga daya tahan tubuh ibu yang menyusui lebih besar.

Imboost force merupakan suplemen untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Kandungan dalam imboost berupa echinacea purpurea, black elderberry, zinc picolinate. Belum diketahui secara pasti mengenai keaamannya untuk ibu hamil maupun menyusui. Oleh karena itu, untuk menjaga daya tahan tubuh yang aman untuk ibu hamil dan menyusui, Anda dapat melakukan hal-hal di bawah ini:

  1. Istirahat cukup.
  2. Minum banyak air putih, minimal dua liter per hari.
  3. Konsumsi protein hewani, seperti telur, daging merah, ikan. Pastikan makanan yang Anda konsumsi matang dengan sempurna untuk menghindari adanya bakteri Salmonella.
  4. Bawang putih.
  5. Mengonsumsi sumber vitamin C, seperti: jeruk, kiwi, strawberry, paprika, dan lain-lain.
  6. Mengonsumsi sumber vitamin E, seperti: Minyak zaitun, kacang-kacangan, ubi jalar, sayuran berwarna hijau.
  7. Hindari stres.

Tidak semua obat dan suplemen telah diuji pada ibu menyusui, sehingga keamanannya belum dapat dipastikan. Untuk itu, setiap akan mengonsumsi obat dan suplemen, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan Dokter Anda untuk menghindari hal yang berefek terhadap bayi Anda.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat.

 

dr. Riani AZ

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Beras merah memberikan kalori yang cukup bagi tubuh sekaligus menjamin kualitas ASI

5 Jenis Makanan Sehat untuk Ibu yang Baru Melahirkan

Keseimbangan nutrisi tetap menjadi hal utama dalam menurunkan berat badan pascamelahirkan. Beberapa makanan yang cocok untuk diet ibu menyusui, antara lain ikan, beras merah, dan daging sapi tanpa lemak.