Apakah suntik silikon bisa dikeluarkan dan menggunakan bpjs?

RG Info Penanya: RG, Wanita, 38 Tahun
Dok suntik silikon sya pingin dibuang dok bisa pke bpjs tidak dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RG

Terima kasih atas pertanyaannya.

Sebenarnya silikon yang sudah disuntik ke dalam tubuh sangat sulit dikeluarkan kembali dengan potensi komplikasi yang sangat tinggi. Sehingga di praktek kedokteran saat ini silikon ditanam dalam keadaan terbungkus agar dapat dikeluarkan dan tidak tercampur dengan jaringan tubuh.

Tindakan yang bisa dilakukan dengan operasi dan menghisap cairan silikon yang masih terkumpul.  Kemudian jaringan yang terisi silikon hanya bisa dikeluarkan dengan membuang jaringan tersebut. Sehingga tidak semua silikon bisa dikeluarkan. Kemudian setelah tindakan akan meninggalkan kelainan pada kulit dan jaringan parut.

Mengingat kasusnya termasuk yang sulit dilakukan dan bukan kasus yang bisa dilakukan di semua fasilitas kesehatan maka kemungkinan tidak bisa menggunakan BPJS. Sebaiknya Anda konsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit untuk mendapat masukan dan tatalaksana yang tepat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketahui perbedaan stretchmark dan selulit agar tau cara menanganinya

Kenali Perbedaan Stretchmark dan Selulit agar Penanganannya Tepat Guna

Selulit dan stretchmark termasuk dua masalah kulit yang sering menghampiri perempuan. Selulit dan stretchmark tidaklah sama, stretchmark umumnya muncul di perut, payudara, lengan, bokong dan paha.  Sedangkan selulit kerap timbul pada paha belakang dan bokong.