07 Oct 2021, 17:00Kandungan

Apakah suntik KB bisa mempengaruhi siklus menstruasi?

AS
Info Penanya: AS0
Hai dokter, izin bertanya. Saya menggunakan suntik KB 3 bulanan dok. Sejak menggunakan suntik KB, menstruasi saya tidak teratur, kadang menstruasi kadang tidak. Saya jadi cemas kalau hamil. Apakah suntik KB cukup efektif? apakah suntik KB ini bisa mempengaruhi siklus menstruasi saya dok? ada tips tidak dok agar menstruasi saya lancar?
116 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, A Terima kasih atas pertanyaan AndaSuntik KB adalah salah satu jenis alat kontrasepsi hormonal yang sering diguanakan. Karena suntik KB cukup efektif bagi pasutri yang berencana untuk menunda kehamilan. Efektivitas dari pemakaian suntik KB ini bahkan mencapai 99% apabila dilakukan dengan rutin dan sesuai jadwal yang telah ditentukan. 

Meskipun cukup efektif suntik KB mempunyai beberapa kekurangan, yaitu:

  • Berpengaruh terhadap siklus menstruasi
  • Nafsu makan meningkat
  • Berat badan bertambah
  • Nyeri sekitar ayudara
  • Sakit perut
  • Muncul jerawat pada kulit
  • Tidak melindungi Anda dari terinfeksi penyakit menular seksual
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, penggunaan suntik KB ini bsia mempengaruhi siklus menstruasi. Pastikan Anda konsumsi makanan sehat serta bergizi, konsumsi sayur dan buah, minum air cukup, berolahraga ringan secara rutin, dan jaga kebersihan area kewaniatan Anda agar siklus menstruasi kembali lancar. Selain pengaruh suntik KB, menstruasi tidak teratur juga bisa disebabkan karena stres, kelelahan, gangguan hormon atau kondisi medis lain pada organ reproduksi. Konsulasi dan periksa dengan dokter spesialis kandungan terdekat agar Anda mendapatkan pengobatan yang sesuai.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidpenggunaan kbgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil