Apakah suntik HGH dapat meninggikan badan?

NA Info Penanya: NA
Dok apakah aman suntik hormon pertumbuhan?dan apakah itu efektif dalam meninggikan badan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi NA,

HGH (Human Growth Hormon) adalah hormon pertumbuhan yang diproduksi oleh tubuh secara alami selama masa pertumbuhan hingga usia pubertas dan akan semakin berkurang dengan bertambahnya usia. Hormon ini berfungsi untuk regenerasi sel-sel dengan cara mengganti sel-sel yang sudah tua dan rusak, oleh karena itu kenapa kulit anak-anak lebih halus, putih meskipun tidak memakai pelembap. Selain itu HGH juga berperan untuk pertumbuhan tulang untuk menentukan tinggi badan seseorang. 

Perihal efektifkah HGH untuk meninggikan badan Anda tentunya tergantung pada usia berapa Anda saat ini. Bila usia Anda diatas 18 tahun maka tentunya pemberian HGH sudah tidak efektif diberikan, karena tinggi badan sudah tidak bsia bertambah lagi meskipun diberikan HGH. Bila usia Anda diatas 18 tahun dan ingin menambah tinggi badan, maka Anda dapat menjaga berat badan ideal, melakukan olahraga seperti yoga untuk memperbaiki postur tubuh Anda sehingga akan tampak lebih tinggi.

Bila usia Anda masih dibawah 18 tahun, maka pemberian HGH tidak perlu diberikan, karena tubuh Anda sudah dapat memproduksi HGH sendiri untuk menambah tinggi badan Anda, namun hal tersebut perlu ditunjang dengan olahraga secara teratur, makan makanan kaya protein dan kalsium, perbanyak makan sayur dan buah, dan usahakan cukup tidur. Karena bila HGH berlebihan, malah akan menimbulkan efek samping seperti nyeri otot, sendi, kesemutan, bengkak-bengkak, dan sakit kepala.

Sebaiknya Anda berpikir ulang untuk pemakaian HGH atau obat peninggi badan sebagai usaha menambah tinggi badan Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara meninggikan badan secara alami ini, mungkin hanya efektif bagi mereka yang masih puber.

6 Cara Meninggikan Badan Secara Alami untuk Tinggi Badan Ideal

Cara meninggikan badan secara alami, tentunya dibutuhkan, bagi mereka yang kurang "pede" dengan tinggi badannya. Namun ingatlah, cara meninggikan badan secara alami ini, mungkin hanya efektif untuk remaja yang masih dalam masa puber.