Apakah suntik HGH dapat meninggikan badan?

NA Info Penanya: NA
Dok apakah aman suntik hormon pertumbuhan?dan apakah itu efektif dalam meninggikan badan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi NA,

HGH (Human Growth Hormon) adalah hormon pertumbuhan yang diproduksi oleh tubuh secara alami selama masa pertumbuhan hingga usia pubertas dan akan semakin berkurang dengan bertambahnya usia. Hormon ini berfungsi untuk regenerasi sel-sel dengan cara mengganti sel-sel yang sudah tua dan rusak, oleh karena itu kenapa kulit anak-anak lebih halus, putih meskipun tidak memakai pelembap. Selain itu HGH juga berperan untuk pertumbuhan tulang untuk menentukan tinggi badan seseorang. 

Perihal efektifkah HGH untuk meninggikan badan Anda tentunya tergantung pada usia berapa Anda saat ini. Bila usia Anda diatas 18 tahun maka tentunya pemberian HGH sudah tidak efektif diberikan, karena tinggi badan sudah tidak bsia bertambah lagi meskipun diberikan HGH. Bila usia Anda diatas 18 tahun dan ingin menambah tinggi badan, maka Anda dapat menjaga berat badan ideal, melakukan olahraga seperti yoga untuk memperbaiki postur tubuh Anda sehingga akan tampak lebih tinggi.

Bila usia Anda masih dibawah 18 tahun, maka pemberian HGH tidak perlu diberikan, karena tubuh Anda sudah dapat memproduksi HGH sendiri untuk menambah tinggi badan Anda, namun hal tersebut perlu ditunjang dengan olahraga secara teratur, makan makanan kaya protein dan kalsium, perbanyak makan sayur dan buah, dan usahakan cukup tidur. Karena bila HGH berlebihan, malah akan menimbulkan efek samping seperti nyeri otot, sendi, kesemutan, bengkak-bengkak, dan sakit kepala.

Sebaiknya Anda berpikir ulang untuk pemakaian HGH atau obat peninggi badan sebagai usaha menambah tinggi badan Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh TR
04 Apr 2020, 14:57
Tapi kata artis kucinta Luna SMA Gebby Vesta minum high msh bisa dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
04 Apr 2020, 16:55
Selamat sore, TR.
Untuk penggunaan HGH tersebut terdapat indikasi, kontraindikasi, syarat dan ketentuan yang ada pada literatur medis berdasarkan riset dan penelitian yang valid. Maka untuk itu sebaiknya Anda berkonsultasi langsung kepada ahli endokrinologi untuk informasi yang tepat dan akurat.
Semoga bermanfaat.
Salam sehat
Dibalas oleh FQ
07 Apr 2020, 17:12
Dok, saya bisa lebih tinggi lagi gak? Saya ragu gara gara keluarga saya pada pendek pendek semua, bapak sama ibu tinggi nya di bawah saya Berat : 55 KG Tinggi : 158 CM Umur : 16 Tahun Kalo gak bisa saya kalo suntik HGH bisa nambah tinggi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
25 Jun 2020, 13:51
Selamat siang FQ,
Jika masih 16 tahun masih bisa ya menambah tinggi, upayakan mengonsumsi makanan tinggi kalsium, vitamin D, vitamin C dan omega, cukup istirahat, olahraga rutin seperti misalnya berenang, yoga, lompat tali, dan bisa memeriksakan diri untuk diperisakan apakah perlu tidaknya diberikan suplemen HGH tambahan
Dibalas oleh SU
24 Jun 2020, 10:09
Dok umur saya 20 saya mau suntik peninggi badan dok,apakah bisa,dan saat ini tinggi saya 163 dan saya mau nambah 3 cm lagi dok...apakah bisa
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
25 Jun 2020, 13:52
Selamat siang,
Apabila sudah berusia 20 tahun sudah lebih sulit untuk menambah tinggi badan. Jadi bisa memperhatikan penampilan agar bisa tampak lebih tinggi mulai dari cara berpakaian, menjaga berat badan ideal ataupun juga bisa dilakukan upaya lain seperti misalnya menggunakan sepatu dengan hak khusus. Salam sehat
Dibalas oleh P
26 Jun 2020, 11:38
Dok umur saya sudah 23 thn, tetapi saya mempunyai alergi protein susu sapi waktu saya masih kecil , dan sekarang tinggi badan saya hanya 147cm dengan berat badan 50 kg, apakah dengan suntik HGH dapat membantu saya dalam menambahkan tinggi badan ? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
27 Jun 2020, 07:26
Selamat pagi, SU.
Pada usia datas 20 tahun, umumnya sudah tidak dalam masa pertumbuhan yang pesat, sehingga untuk menambah tinggi badan akan lebih sulit. Unruk itu bisa dengan cara merubah penampilan baik dari cara berpakaian, berusaha memiliki berat badan idewal ataupun menggunakan sepatu dengan hak yang lebih tinggi agar terlihat lebih tinggi. Terkait penggunaan hormon, sebaiknya perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter terlebih dahulu.
Terima kasih.
Dibalas oleh BA
29 Jul 2020, 09:07
Dok saya umur 14 th dan tinggi saya masih 145 dan berat badan 32 apakah saya harus suntik HGH
Dibalas oleh BA
29 Jul 2020, 09:07
Dok saya umur 14 th dan tinggi saya masih 145 dan berat badan 32 apakah saya harus suntik HGH
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
30 Jul 2020, 09:26
Selamat siang BA,
Usia 14 tahun masih dalam masa pertumbuhan, jadi bisa dimaksimalkan pertumbuhannya dengan tidak kurang tidur, perbanyak asupan kalsium, vitamin D, vitamin C dan omega, olahraga seperti misalnya berenang, basket, lompat tali secara teratur, dan bisa minta antar orang tuanya untuk memeriksakan diri pada dokter untuk menilai apalah perlu tambahan hormon tersebut. Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Senam diabetes dapat dilakukan oleh semua kalangan, termasuk lansia

Senam Diabetes dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Anda

Senam diabetes Indonesia merupakan olahraga ringan yang dirancang untuk membantu mengobati penyakit diabetes. Senam ini terdiri dari berbagai seri, namun Anda dapat melakukan gerakan sederhana berikut sebagai permulaan.