Apakah sulit bicara lancar termasuk gagap?

IP Info Penanya: IP
Dok, saya agak susah untuk berbicara lancar, jadi seperti saya sering mengucapkan suara lebih dari satu kali gitu, dok. Apakah saya gagap, dok? Bagaimana ya cara mengatasi hal ini? Thank you
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IP,

Gagap atau stutter adalah gangguan bicara yang bisa timbul seperti mengulang kata-kata atau kesulitan untuk melafalkan suatu kata atau menyelesaikan kalimat. Gejala lain juga bisa ditandai dengan mata berkedip dengan cepat, bibir dan rahang bergetar, merasa frustasi, tegang dan lainnya. Kondisi ini bisa terjadi baik mulai kanak-kanak ataupun bisa terjadi pada orang dewasa. Gagap sendiri bisa timbul karena beragam faktor mulai dari gangguan kelainan saraf yang berpengaruh pada otak dan otot untuk bicara, masalah psikis seperti cemas, stres, ataupun gangguan untuk mengatur pemikiran dan penalaran. 

Untuk mengatasi gagap pada orang dewasa bisa dilakukan beberapa cara seperti mengatur tempo berbicara, bisa berbicara perlahan, melatih kemampuan bicara dengan misalnya membaca buku, mengatur napas, hindari kata-kata yang sering kali memicu gagap, dan juga bisa memeriksakan diri pada profesional. Sehingga jika gagap dirasa mengganggu dan membuat penurunan rasa percaya diri bisa disarankan untuk melakukan terapi wicara selain itu juga bisa dilakukan psikoterapi untuk mengatasi keluhan psikis yang bisa menjadi pemicu gagap.

Selain terapi wicara dan psikoterapi, dokter juga bisa memberikan beberapa obat untuk mengatasi kondisi psikis yang bisa menjadi pemicu gagap. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Depresi postpartum yang tepat perlu dilakukan dengan kerjasama dari keluarga.

Cara Mengatasi Depresi Postpartum oleh Dokter Maupun Secara Alami

Depresi postpartum atau depresi pascapersalinan, jika tidak segera diatasi, bisa berkembang menjadi kondisi psikosis yang dapat membahayakan nyawa.