Apakah stretchmarks berwarna putih dapat hilang permanen?

A Info Penanya: A, Wanita
Selamat sore dok. Saya perempuan usia 19 tahun, tapi saya sudah mempunyai stretchmarks berwarna di daerah paha dan bokong saya. Kira-kira apa yang menjadi penyebabnya? Apa yang dapat memperparahnya? Apakah ada perawatan yg dapat dilakukan agar stretchmarks saya hilang? Dan berapa biayanya? Malu soalnya dok, masyarakat awam kan tahu nya stretchmarks muncul setelah kehamilan, padahal saya belum pernah hamil.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Stretch Mark merupakan guratan halus berwaran pada kulit karena kulit yang meregang. Biasanya muncul di area perut, payudara, bokong, dan paha. Kondisi ini dialami oleh ibu hamil. Tetapi, terjadi juga pada wanita yang belum pernah hamil atau melahirkan. Sehingga menurunkan tingkat kepercayaan diri wanita tersebut. 

Perlu Anda ketahui, stretch mark berbeda dengan selulit. Stretch mark muncul karena adanya peregangan kulit dalam waktu yang cepat seperti masa kehamilan, kenaikan berat badan, dan pada masa pubertas. Stretch mark berwarna merah atau keunguan dan lama kelamaan menjadi warna putih seperti garis bekas luka. Sedangkan selulit muncul karena ada tumpukan lemak yang terdorong melewati serat kolagen dan jaringan ikat yang lemah dan berdiam di bawah kulit. Selulit juga bisa terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, kurangnya berolahraga, dll. Selulit berbentuk seperti kulit jeruk (bergelombang pada kulit, berlesung, dan nampak kendur)

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan stretch mark, yaitu:

  • Menggunakan pelembap.
  • Melakukan tindak eksfoliasi kulit.
  • Menggunakan krim topikal yang mengandung tretinoin dan vitamin E.
  • Laser.
  • Mikrodermabrasi. 

Tindakan diatas dapat Anda lakukan di dokter kulit dengan biaya yang berbeda-beda. Tergantung dokter kulit yang Anda kunjungi memasang tarif berapa. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketahui perbedaan stretchmark dan selulit agar tau cara menanganinya

Kenali Perbedaan Stretchmark dan Selulit agar Penanganannya Tepat Guna

Selulit dan stretchmark termasuk dua masalah kulit yang sering menghampiri perempuan. Selulit dan stretchmark tidaklah sama, stretchmark umumnya muncul di perut, payudara, lengan, bokong dan paha.  Sedangkan selulit kerap timbul pada paha belakang dan bokong.