Apakah sperma termasuk kategori normal?

KM Info Penanya: KM, Pria
Selamat Siang Dok, sebelum ejakulasi penis saya selalu mengeluarkan cairan putih encer sedikit berbau sperma dengan jumlah sedikit. apakah itu normal? Saat keluar tidak disertai gejala apapun. Dan untuk kondisi sperma berdasarkan yg saya baca masuk kategori normal
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KM,

Kriteria sperma yang normal adalah yang memenuhi kriteria baik dari jumlah sperma dalam setiap mililiter cairan semen lebih dari 15 juta, pergerakan aktif sebanyak 32%, memiliki 58% sperma yang hidup, dan memiliki bentuk yang normal sebanyak 4%. Hal ini bisa diketahui melalui pemeriksaan analisa sperma.

Keluar cairan yang sebelum ejakulasi bisa merupakan cairan preejakulasi dimana bisa mengandung sperma juga. Hal ini bisa disebabkan rangsang sebelum ejakulasi atau menahan keinginan ketika akan berejakulasi sehingga dapat keluar cairan sebelum ejakulasi sebenarnya. Jika demikian maka hal tersebut normal. 

Tetapi jika keluar cairan putih tidak saat berhubungan seksual atau saat kondisi biasa ata selesai buang air kecil atau kencing nanah maka perlu dipastikan penyebabnya karena bisa disebabkan oleh infeksi pada saluran kemih atau infeksi menular seksual. Untuk itu periksakan diri pada dokter untuk memastikannya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sperma sehat ditentukan oleh volume, pergerakan, dan bentuk sel sperma

Ini Kriteria Sperma Sehat untuk Keberhasilan Pembuahan

Sperma sehat dapat menentukan keberhasilan pembuahan, serta kehamilan. Sejumlah indikator kesehatan sperma antara lain volume, pergerakan, serta bentuk sel sperma. Anda bisa meningkatkan kualitas ketiga indikator tersebut, dengan menjalani gaya hidup yang sehat.