Apakah sperma sedikit bisa menyebabkan kehamilan ?

AM Info Penanya: AM
Dok saya mau tanya. Jika sedang berhubungan intim dengan suami. Lalu suami membuang spermanya di atas bulu kemaluan saya. Lalu suami saya memasukan kembali spermanya kedalam vagina saya. Apakah proses pembuahan akan terjadi atau tidak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AM.

Kualitas sperma tidak hanya dilihat dari jumlah sperma yang keluar saat ejakulasi, namun perlu dilakukan pemeriksaan dan analisis sperma secara mendalam untuk dicari jumlah sel spermatozoa, dan kecepatan pergerakannya. 

Setelah berhubungan intim, sperma yang masuk ke dalam vagina sekita 300 juta namun hanya sedikit yang sampai ke leher rahim, dan hanya satu sperma yang akan membuahi sel telur. Sehingga jika sperma di keluarkan di luar, otomatis jumlah sperma yang masuk ke vagina akan berkurang, dan mengurangi probabilitas terjadinya pembuahan/kehamilan.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kondisi tertentu membuat ibu hamil memerlukan tes NIPT untuk mendeteksi kelainan kromosom pada janin

Perlukah Ibu Hamil Melakukan Tes NIPT untuk Mengetahui Kelainan Kromosom Janin?

Non-invasive prenatal testing atau tes NIPT adalah pemeriksaan kehamilan yang digunakan untuk menunjukkan kelainan kromosom tertentu pada janin yang sedang berkembang. Tes ini dapat melihat kelainan kromosom pada janin.