Ejakulasi di luar vagina, apakah bisa hamil?

SU Info Penanya: SU, Pria, 21 Tahun
Saya habis melakukan hubungan seksual, dan mengeluarkan sperma diluar, namun dekat dengan vagina, disekitar bibir vagina dan selangkangan. Setelah itu dilap menggunakan kain dan dicuci dengan air, hingga di bagian sekitar dalam vagina, apakah ada kemungkinan hamil? Bagaimana cara mengetahui kalau sperma masuk kedalam vagina?Terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SU.

Ejakulasi di luar vagina adalah salah satu metode kontrasepsi alami untuk menunda kehamilan. Dalam dunia medis, metode ini dikenal sebagai coitus interruptus. Efektivitas metode ini diperkirakan sekitar 50%, yang berarti ada kemungkinan kehamilan sebesar 50%. 

Efektivitas metode ini memang rendah apabila dibandingkan dengan kontrasepsi lainnya, karena penetrasi tetap dilakukan dalam metode ini. Saat penetrasi, cairan pre-ejakulasi mungkin masuk ke dalam vagina, dimana cairan tersebut juga mengandung sperma dan bisa memicu kehamilan.

Terkait kondisi yang Anda sampaikan, kemungkinan kehamilan tetap ada, walaupun tidak besar. Oleh karena itu, untuk mengetahui apakah sperma berhasil masuk dan membuahi sel telur atau tidak, disarankan agar pasangan Anda melakukan testpack apabila mengalami keterlambatan haid. Idealnya, testpack dilakukan satu minggu setelah terlambat haid.

Selain testpack, Anda juga bisa mengajak pasangan Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dilakukan USG rahim. Apabila memang hamil, maka akan tampak kantung kehamilan. 

Jika benar hamil, jagalah senantiasa kehamilan dengan mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, tidak begadang, serta menghindari stres. Jangan lupa tetap bergerak aktif, tetapi hindari aktivitas yang terlalu berat dan memicu kelelahan.

Sebaliknya, apabila ternyata pasangan Anda tidak hamil, dan Anda memang tidak mengharapkan kehamilan, sebaiknya ke depannya gunakan kontrasepsi tambahan yang efektivitasnya lebih besar, seperti pil, suntik, implan, atau IUD.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hamil 18 minggu, janin sudah memiliki banyak perkembangan

Hamil 18 Minggu, Ini yang Terjadi pada Ibu dan Janin

Pada usia hamil 18 minggu, janin sudah mulai bisa menendang, mendengar, dan menguap. Sementara itu, perut ibu pun sudah terlihat membesar.