Apakah sperma bisa menembus celana dalam dan menyebabkan kehamilan?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 24 Tahun
Dok barusan saya berhubungan intim, tapi hanya menggesekan alat kelamin saja (keduanya menggunakan cd) apakah sperma bisa tembus dan menyebabkan kehamilan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore SU,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, aktivitas yang Anda lakukan dengan pasangan biasanya di sebut dengan petting. Petting merupakan istilah untuk salah satu bagian dari foreplay sebelum melakukan hubungan seksual. Salah satu tindakan petting yang sering dilakukan adalah menggesek-gesekan kelamin (penis dan vagina). Selain itu tindakan petting yang lainnya seperti membelai payudara atau putting wanita, mencium, merangsang vagina dan klitoris dengan sentuhan, oral seks, dan membantu pria ejakulasi dengan tangan wanita.

Petting dapat menyebabkan kehamilan tergantung sejauh mana petting yang Anda lakukan. Semakin Anda melakukan petting di dekat liang vagina, akan meningkatkan resiko terjadi kehamilan karena meningkatkan peluang sperma bisa masuk ke dalam vagina dan bertemu dengan sel telur sehingga terjadi kehamilan.

Selagi petting tidak dilakukan dekat dengan vagina, maka kemungkinan untuk hamil kecil atau hampir tidak ada. Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, karena petting yang Anda lakukan masih menggunakan celana dalam, kemungkinan untuk terjadinya kehamilan tidak ada.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Orang terdekat yang positif HIV, harus diberikan dukungan yang konstan

Cara Bijak Menghadapi dan Mendampingi Orang yang Terinfeksi hiv

Semua orang bisa saja positif HIV karena berbagai faktor yang tidak semuanya bisa dihindari. Dalam mencari dukungan, adakalanya orang terdekat yang positif HIV bercerita kepada Anda mengenai kondisi kesehatannya. Sebagai sahabat dan keluarga yang baik, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan jika orang terdekat positif HIV.