Apakah sperma berdarah berpengaruh pada kesuburan? Dan bagaimana solusinya?

HZ Info Penanya: HZ, Pria, 31 Tahun
Siang Dok. bagaimana mengatasi sperma berdarah dan tindakan dan solusi yang di lakuakan ? . Apakah sperma berdarah berpengaruh untuk susah dapat keturunan ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, HZ

Terima kasih atas pertanyaannya.

Darah di sperma bisa diakibatkan peradangan, batu, kelainan anatomi, infeksi atau tumor. Lebih sering kasus darah di sperma tidak berbahaya dan akan sembuh dengan sendirinya. Gangguan bisa terjadi di kandung kemih, testis dan salurannya serta kelenjar prostat. Kejadian paling sering setelah melakukan tindakan seperti biopsi atau vasektomi. Selain itu bisa karena infeksi menular seksual, tumor, batu/pertumbuhan (polip) di saluran, sumbatan di saluran, kista atau kanker.

Selain darah di sperma, bisa juga nyeri saat ejakulasi dan buang air kecil, demam, nyeri/bengkak pada testin dan/atau skrotum, serta nyeri/bengkak di sekitar kemaluan. Untuk mengatasinya sebaiknya berobat dengan Dokter Spesialis Urologi untuk memastikan penyebabnya. Apakah ada efek terhadap kesuburan tergantung dari penyebabnya apakah menganggu produksi dari sel sperma.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Setelah melewati pengobatan intensif untuk obati kanker testis, Max Taylor kembali ke lapangan dan perkuat Manchester United.(Sumber: Instagram @maxtaylor00)

Kisah Inspiratif Pemain Muda Manchester United yang Selamat dari Kanker Testis

Setelah berhasil menjalani pengobatan untuk kanker testis yang diidapnya, pesepakbola muda asal Inggris, Max Taylor, diangkat ke skuad utama Manchester United. Seperti apa gejala dan pengobatan kanker testis?