26 Jan 2021, 04:52Mata

Apakah softlens minus aman untuk mata silinder ?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 20 Tahun
Dokter, mata saya sebelah kanan minus 4 dan sebelah kiri silinder. Apakah perlu pakai softlens minus?
133 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, Sl.Gangguan pada mata berupa kabur, tidak jelas, baik saat melihat jauh, melihat dekat, penglihatan menjadi berbayang, susah melihat garis, memang membuat rasa yang tidak nyaman dan menimbulkan pusing, pandangan bergoyang, mata menjadi lelah, dan aktifitas sehari-hari dapat terganggu.

Apa yang menyebabkan mata minus dan silinder ?

Mata minus dimana titik fokus bayangan yang dilihat oleh mata, jatuh tidak tepat di retina. Sehingga seseorang akan kesulitan saat melihat benda-benda yang jauh. Mata silinder disebabkan kelengkungan pada kornea mata yang tidak teratur sehingga mengganggu hantaran cahaya ke retina. Mata silinder dicetuskan oleh luka dan jaringan parut pada kornea akibat benturan, atau riwayat operasi mata sebelumnya.  

Bagaimana cara mengatasi mata minus dan silinder ?

Jika seseorang mempunyai mata minus dan silinder maka cara mengatasinya adalah dengan bantuan alat dimana alat ini membuat titik fokus mata jatuh tepat di retina dengan koreksi menggunakan kacamata atau softlens yang disesuaikan dengan minus dan silinder yang ada. Pengukuran dan pengecekan serta pembuatan kacamata dan softlens harus berdasarkan hasil pemeriksaan dari dokter spesialis mata sehingga koreksi dapat dilakukan dengan tepat.

Apakah softlens minus aman untuk mata silinder ?

Softlens yang dapat digunakan bagi penderita mata silinder berbeda dengan softlens biasa pada mata minus.  Pasien dengan mata silinder menggunakan toric contact lensa dimana softlens ini dibuat khusus menyesuaikan dengan keparahan silinder yang ada. Untuk itu, pilih softlens yang nyaman dan sesuai indikasi, dengan konsultasi terlebih dahulu keluhan yang Anda alami di dokter spesialis mata. Jaga kesehatan mata, dengan melindungi mata dari paparan debu, cahaya matahari, cahaya handphone dan TV secara terus menerus.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
kesehatan mataastigmatismemata minus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil