Apakah sinusitis bisa sembuh dan berapa lama?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Hi dok, saya mau share sekalian nanya. Saya berusia 25 tahun dan penderita sinusitis kronik. Awalnya saya mencium bau bangkai di hidung, dan saat saya senter di rongga hidung sebelah kiri ada lecet merah. Saya pergi ke dokter dan divonis sinusitis, dan dianjurkan 3 kali berturut-turut dan tidak putus obat. Sempat sembuh sebulan dan dan kumat lagi, seperti itu terusnya. Apakah sinusitis bisa sembuh total dok? Kalo iya, berapa lama? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Sinusitis kronis merupakan kondisi dimana rongga di sekitar saluran hidung (sinus) meradang dan membengkak kurang lebih selama 12 minggu. Sinusitis kronis bisa disebabkan karena infeksi, pertumbuhan jaringan sinus di dalam sinus (polip hidung) atau septum hidung yang bengkok. 

Tanda dan gejalanya cairan kental dan bewarna dari hidung, adanya cairan yang mengalir dari belakang tenggorokan (post nasal drip), sumbatan di hidung, nyeri dan bengkak disekitar mata, pipi dan hidung, berkurangnya indra penciuman dan pengecap, nafas bau, dan selalu mencium bau yang tidak sedap.

Saat di rumah untuk meringankan keluhan Anda bisa melakukan istirahat yang cukup, memenuhi kebutuhan cairan tubuh banyak minum air putih minimal 2 liter/hari, melembabkan rongga sinus dengan menguapinya dengan uap hangat, kompres hangat pada daerah wajah, memperbaiki posisi tidur dengan menambah bantal. Sinusitis bisa disembuhkan namun untuk mencapai itu tentunya harus mencari tahu terlebih dahulu penyebabnya sehingga mendapatkan penanganan yang tepat oleh dokter spesialis THT.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Polip hidung dapat disebabkan oleh polusi udara

Polusi Udara Bisa Munculkan Polip Hidung? Ini Penjelasannya

Polusi udara dapat memicu asma yang, bila tidak segera diobati, dapat memunculkan benjolan di dalam hidung alias polip hidung. Penyakit polip hidung bisa diatasi dengan beberapa cara, salah satunya adalah mengonsumsi obat semprot.