Apakah sinar matahari dapat mencegah corona?

PF Info Penanya: PF, Pria, 39 Tahun
Dok, sekarang kan sedang musim hujan, saya jadi khawatir terinfeksi corona. Soalnya saya dengar, matahari dapat membunuh coronavirus juga. Apakah ini benar dok? Ada alternatif lain yang bisa membantu saya menghindari corona ga yah, dok, selain sinar matahari?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, PF.

Corona virus disease 2019 atau COVID-19, adalah penyakit yang disebabkan oleh virus corona. Virus ini akan menimbulkan gejala di pernapasan.

Agar Anda dapat terhindar dari COVID-19, Anda harus meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Sinar matahari sendiri memang mampu membantu kulit kita memproduksi vitamin D; yang penting bagi sistem kekebalan tubuh.

Waktu terbaik untuk berjemur sinar matahari adalah pukul 10.00-15.00. Sinar matahari pada waktu tersebut dapat memicu produksi vitamin D lebih lama bertahan di darah, ketimbang mengonsumsinya dalam bentuk suplemen atau makanan. Lakukan 5-15 menit saja, 2-3 kali seminggu dengan paparan sinar di wajah dan lengan.

Namun, terpapar sinar matahari yang berlebih juga tidak direkomendasikan, karena bisa berisiko luka bakar, penuaan dini, gangguan pada mata, ataupun kanker kulit.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan hal-hal berikut ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh:

  • Mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung karbohidrat kompleks, lemak, protein, vitamin, mineral, dan serat
  • Minum air putih yang cukup
  • Tidur teratur dan jangan begadang
  • Menghindari stres, karena stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh
  • Rajin mencuci tangan dan menjaga kebersihan tubuh

Jangan lupa untuk menggunakan masker apabila Anda sedang sakit. Lakukan juga etiket batuk dan bersin yang benar, yaitu menutup mulut dengan siku bagian dalam, ya.

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga apa yang disampaikan bermanfaat.

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat buah duku untuk kesehatan sayang jika dilewatkan

Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan yang Mengagetkan Banyak Orang

Ukuran duku yang kecil, berbanding terbalik dengan manfaatnya yang ternyata beragam. Manfaat buah duku untuk tubuh didapatkan dari kandungan serat serta antioksidannya yang tinggi. Tidak hanya itu, biji buah duku juga dinilai berpotensi untuk mencegah malaria.