Apakah sikatrik kornea bisa sembuh dok?

NL Info Penanya: NL, Wanita
Apakah sikatrik kornea bisa sembuh dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore N,

Berdasarkan keluhan yang anda alami, sikatrik kornea dapat menimbulkan gangguan pada penglihatan mulai dari kabur sampai dengan kebutaan. Sikatrik kornea dapat bentuk ringan (nebula), sedang (makula) dan berat (leukoma).

Sikatrik kornea lebih sering disebabkan oleh infeksi, xeropthalmia dan trauma. Penanganan untuk kondisi ini akan berbeda tergantung dari jenis selaput putih yang dialami. Kondisi dimana terjadi kerusakan pada sikatriks dan menganggu penglihatan, maka sebaiknya dilakukan mengganti kornea yang rusak  dengan kornea sehat yang baru.

Sebaiknya dikonsulkan terlebih dahulu ke dokter spesialis mata. Sikatriks kornea tidak ada jenis obat minum atau tetes yang bisa membantu menghilangkan sikatriks tersebut. Obat minum atau tetes mata hanya membantu mengurangi keluhan lain seperti kemerahan dan nyeri. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Sylvi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa penyebab mata berair, seperti mata kering hingga peradangan pada kelopak mata

Ragam Penyebab Mata Berair yang Patut Diwaspadai

Anda mungkin kerap mengalami mata berair. Beberapa kondisi mata berair memang tidak perlu dicemaskan. Hanya saja, apabila diiringi dengan gejala lain, mata berair wajib diwaspadai dan memerlukan penanganan dokter. Ada beberapa kondisi mata, yang menjadi penyebab mata berair, seperti mata kering, hingga peradangan pada kelopak mata.