Apakah sikatrik kornea bisa sembuh dok?

NL Info Penanya: NL, Wanita
Apakah sikatrik kornea bisa sembuh dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore N,

Berdasarkan keluhan yang anda alami, sikatrik kornea dapat menimbulkan gangguan pada penglihatan mulai dari kabur sampai dengan kebutaan. Sikatrik kornea dapat bentuk ringan (nebula), sedang (makula) dan berat (leukoma).

Sikatrik kornea lebih sering disebabkan oleh infeksi, xeropthalmia dan trauma. Penanganan untuk kondisi ini akan berbeda tergantung dari jenis selaput putih yang dialami. Kondisi dimana terjadi kerusakan pada sikatriks dan menganggu penglihatan, maka sebaiknya dilakukan mengganti kornea yang rusak  dengan kornea sehat yang baru.

Sebaiknya dikonsulkan terlebih dahulu ke dokter spesialis mata. Sikatriks kornea tidak ada jenis obat minum atau tetes yang bisa membantu menghilangkan sikatriks tersebut. Obat minum atau tetes mata hanya membantu mengurangi keluhan lain seperti kemerahan dan nyeri. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Sylvi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit yang muncul setelah terjadinya letusan gunung berapi biasanya seputar masalah pernapasan

Ini 3 Penyakit Akibat Pencemaran Gunung Meletus yang Harus Diwaspadai

Gunung meletus adalah bencana alam yang mengakibatkan pencemaran udara. Abu dan gas dari letusan gunung dapat menyebabkan penyakit saluran pernapasan, gangguan pada mata, dan penyakit kulit. Salah satu langkah yang harus dilakukan setelah gunung meletus adalah menggunakan masker.