11 Jun 2020, 18:09Kulit & Kelamin

Apakah sidik jari manusia bisa berubah setelah luka?

TG
Info Penanya: TG0
Dok, jempol saya kemarin terluka dan sekarang sedang mengering tapi mengalami penebalan. Pengen tau, dok, apakah sidik jari saya akan berubah setelah ganti kulit baru?
14070 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam TG,Sidik jari adalah salah bagian tubuh yang memiliki keunikan dimana sidik jari seseorang tidak sama dengan orang lainnya, sehingga sidik jari juga bisa digunakan untuk mengidentifikasi identitas seseorang.Sidik jari sendiri juga bisa tertinggal pada benda ataupun menempel ketika menyentuh suatu benda sehingga sering kali dijadikan alat bukti atau informasi yang digunakan apabila ada sebuah penyelidikan atau pemeriksaan kasus hukum. Sidik jari juga bisa memberikan informasi DNA dari pemiliknya.

Sidik jari tidak berubah walaupun mengalami luka

Sidik jari sendiri tidak berubah kecuali terjadi gangguan kesehatan ataupun trauma seperti misalnya luka sayat, luka lecet, luka robek, terkena cairan kimia, luka bakar hebat, ataupun tindakan lain untuk berusaha mengubah atau menghilangkan sidik jari. Hal ini bisa membuat sedikit perubahan pada sidik jari tapi ciri khas sidik jari akan tetap ada.Apabila mengalami luka, permukaan kulit akan melakukan perbaikan sel dan dapat kembali meregenerasi sel-sel kulit yang akan membuat permukaannya kembali tetapi memerlukan waktu untuk proses penyembuhan. Jadi bentuk sidik jari tidak ikut berubah total walaupun telah ada bekas luka, terjadi perbaikan luka dan terjadi perubahan sel kulit baru. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
penyembuhan lukaluka traumatisbekas luka
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil