Apakah akibat dari setiap hari makan obat pencahar ?

ST Info Penanya: ST, Wanita, 27 Tahun
Dokter apa akibat setiap hari makan obat pencahar bab, bisa mengakibatkan apa??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, ST.

Obat pencahar (laksatif) merupakan jenis obat yang berfungsi membantu melancarkan pergerakan kototran atau tinja di dalam saluran pencernaan sehingga dapat dikeluarkan dengan lebih cepat. Terdapat berbagai cara kerja dari obat pencahar seperti melunakan kotoran hingga menstimulasi kerja usus. Namun demikian, penggunaan obat laksatif ini tidak dapat dilakukan dengan sembarangan dan perlu dibatasi. Pasalnya terdapat berbagai efek samping yang bisa timbul dari mengonsumsi obat pencahat berlebihan atau dalam jangka waktu yang panjang.

Berbagai efek samping yang dapat ditimbulkan antara lainnya ialah :

  • sering buang angin
  • kembung
  • kram perut
  • dehidrasi
  • mual
  • sakit kepala

Adapun efek samping jangka panjangnya, yakni mengakibatkan usus mengalami kegagalan dalam berfungsi sebagai mana mestinya. Hal tersebut terjadi karena adanya ketergantungan pada obat pencahar. Sedangkan obat pencahar sendiri cenderung membuat otot-otot usus menjadi lebih lemah dan mengurahi daya fungsinya.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk menggunakan pencahar alami seperti sayuran hijau, buah-buahan, hingga makanan kaya akan probiotik agar terhindari dari efek buruk obat pencahar. Cobalah untuk menggunakan pencahar alami terlebih dahulu selama minimal 1 bulan, jika tidak ada perbaikan Anda dapat berkonsultasi kembali atau memeriksakan diri secara langsung kepada dokter Spesialis Penyakit dalam.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh ST
29 Sep 2020, 17:21
Dokter anus sakit makan obat apa?? Tolong di bantu Dok
Dibalas oleh ST
29 Sep 2020, 17:22
Dokter anus sakit makan obat apa?? Tolong di bantu Dok
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Akibat menahan BAB dapat berbahaya bagi otot rektum

Akibat Menahan BAB dan Menahan Kentut bagi Kesehatan Tubuh

Akibat menahan BAB cukup berbahaya. Selain dapat menyebabkan konstipasi, kemampuan otot rektum untuk merasakan sensasi ingin BAB juga bisa menghilang.