Apakah setelah operasi kista endometriosis bilateral bisa hamil?

L Info Penanya: L, Wanita
Dok, saya divonis oleh dokter memiliki penyakit kista endometriosis bilateral yang terletak di kiri dan kanan yang dekat indung telur saya, tapi saya sudah selesai menjalani operasi kista. Apakah saya akan lebih sulit hamil setelah operasi kista ini? berapa persen kemungkinan saya untuk hamil ya dok? trims.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Endometriosis adalah penyakit dimana ditemukan jaringan endometrium di luar rahim, dimana seringkali ditemukan di ovarium (indung telur), tuba fallopi, dll. Ketika menstruasi maka jaringan endometrium pada rahim akan luruh dan keluar lewat rahim hingga ke vagina sedangkan jaringan endometrium diluar rahim juga akan luruh namun tidak bisa keluar melalui rahim, sehingga akan berkumpul yang lama kelamaan bisa menimbulkan peradangan atau membentuk kista hingga jaringat parut yang tentunya akan mempengaruhi kesuburan seorang wanita sehingga akan lebih sulit hamil dibanding wanita normal lainnya, namun tetap ada kemungkinan untuk hamil sehingga Anda tidak perlu berkecil hati.

Pengobatan pada endometriosis dapat berupa terapi hormon atau operasi tergantung dari tingkat keparahan penyakit.

Bila Anda sudah dioperasi dan berencana untuk hamil, maka sebaiknya Anda melakukan beberapa tips berikut ini untuk meningkatkan kesuburan Anda :
  1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah, ikan.
  2. Kurangi stres.
  3. Lakukan olahraga secara teratur 30 menit setiap hari.
  4. Jaga berat badan seideal mungkin.

Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter kandungan untuk program hamil yang sesuai dengan kondisi Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

S
11 Nov 2019, 19:44
Cara agar penis tetap keras lama
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

PCOS dipicu ketidakseimbangan hormon sehingga wanita sulit hamil dan memiliki keturunan

Yuk, Atur Strategi Makanan untuk PCOS Agar Cepat Hamil

Penderita PCOS perlu mengatur pola makan untuk mengurangi dampak sulit hamil. Makanan untuk PCOS agar cepat hamil harus kaya serat dan hindari pemicu naiknya kadar insulin dalam tubuh.