Apakah setelah operasi hernia bisa membuat gairah seks menurun

M Info Penanya: M, Wanita, 26 Tahun
Hallo dokter slmat malam,saya seorng istri dok,suami saya semasa bujangnya prnh terkena hernia dan sudh dioperasi,nah yg ingin kami tanyakan,diusia kmi yg sudh mau mnginjak 2 tahun pernikahan mngapa suami saya sngat sulit sekali jika diajak berhubungan int*m,kdg satu bulan hanya sekali,itupun gairah nya terkadang tdk ada sama sekali atau bsa dibilang maaf tdk smpai kepuncak,apakah ada kaitannya dgan hernia dia pasca operasi dok?jika ada ,apa yg harus kami lakukan agar suami saya kmbli normal..terima kasih dok atas jwbnnya..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore,M

Operasi hernia sejauh ini tidak menyebabkan permasalahan gairah seksual pada pria. Penyebab gairah seksual menurun adalah

  1. Stres
  2. Berat badan berlebih
  3. Memiliki penyakit jantung
  4. Memililki kolesterol tinggi
  5. Merokok
  6. Kelelahan
  7. Konsumsi alcohol
  8. Tekanan darah tinggi
  9. Memiliki kencing manis

Saya sarankan anda untuk komunikasikan dengan pasangan, lakukan foreplay/pemanasan lebih lama, variasikan gerakan saat berhubungan seksual, makan makanan bergizi, perbanyak buah dan sayur, hindari konsumsi makanan cepat saji,minum air putih minimal 2L perhari.

Jika sangat mengganggu segera ke dokter spesialis andrologi ya

 

Salam sehat

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Benjolan di testis dapat disebabkan oleh pembesaran pada pembuluh darah testis

Benjolan di Testis Menimbulkan Rasa Sakit, Apa Penyebabnya?

Benjolan di testis merupakan keluhan yang sering dialami oleh anak laki-laki maupun pria dewasa. Salah satu penyebabnya adalah varicocele atau pembesaran pada pembuluh darah testis. Kelainan lain juga dapat menyebabkan benjolan di testis, seperti infeksi, peradangan pada kulit atau pembuluh darah balik.