Apakah setelah menggunakan day cream ber-SPF 15 perlu menggunakan lagi sunscreen ber-SPF 30 ?

C Info Penanya: C
Malam dok,saya ingin bertanya,jika saya sudah memakai Day cream safi spf nya 15 PA ++ sebaiknya apakah perlu pakai sunscreen lagi?jika perlu apakah boleh saya pakai sunscreen merk emina yg spf 30 PA +++?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, C.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sun protection factor (SPF) adalah suatu standar ukuran perlindungan yang ditawarkan oleh produk pelindung paparan sinar matahari (sunscreen) yang dimaksudkan untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV), khususnya sinar UVB. Sedangkan jenis sinar UV yang dapat menimbulkan bahaya bagi tubuh adalah sinar UVA dan UVB. Untuk melindungi paparan dari kedua jenis sinar tersebut diperlukan jenis proteksi spektrum luas dan semakin tinggi kadar SPF, umumnya perlindungan terhadap paparan sinar UV akan semakin baik sehingga risiko terbakarnya kulit akan semakin berkurang. Namun demikian, hal yang perlu diingat yaitu tidak adanya jaminan kadar SPF yang tinggi dapat melindungi kulit wajah sepenuhnya.

Terdapat berbagai faktor yang perlu diperhatikan karena dapat mempengaruhi efektivitas penggunaan sunscreen, diantaranya adalah :
  • waktu paparan
  • perubahan suhu dan cuaca
  • cara penggunaan sunscreen dan banyaknya penggunaan
  • jenis kulit
  • faktor lingkungan dan faktor individual lainnya

Mengenai pertanyaan Anda, sebaiknya memang menggunakan produk yang mengandung kadar SPF tinggi, minimal SPF 30 agar mendapatkan efek proteksi yang lebih tinggi. Sedangkan produk dengan SPF 15 atau kurang, umumnya tidak dapat memberikan perlindungan spektrum luas (perlindungan terhadap UVB dan UVA). Dan mengenai produk tertentu yang Anda gunakan, apabila cocok dengan jenis kulit Anda dan komposisinya relatif aman, tidak masalah untuk digunakan bersama. Namun, sebaiknya Anda melakukan tes terlebih dahulu untuk kecocokan produk dan hentikan pemakaian bersama apabila menimbulkan gejala iritasi ataupun alergi seperti timbulnya ruam kemerahan, gatal, perih atau jerawat.

Untuk lebih lanjut Anda dapat mengonsultasikannya secara langsung kepada ahli kecantikan atau dokter Spesialis Kulit.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebiasaan merokok dapat menjadi penyebab kulit kering

5 Faktor Umum Penyebab Kulit Kering

Iklim tropis menjadi salah satu faktor utama masyarakat Indonesia mengalami kulit kering, Disamping itu, penyebab kulit kering dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti usia yang menua, pekerjaan, dan rokok.