09 Jun 2021, 07:18Kandungan

Apakah setelah lepas KB suntik 1 bulan langsung hamil?

AR
Info Penanya: AR0
Selamat pagi dok, saya mau tanya dok,sya udah lepas kb dari bulan aplril 2021 dok,,tapi haid sya tdk dtg dok cuma flek kecoklatan yg dtg itu pun cma 1 hari dok,udah 2 bln gk dtg haidy dok,tapi sudah sya tespek hasily negatif dok,,tapi pingang sya skit seperti layaky dtg bulan dok,,itu gimana ya dok. Trimakasih?
38 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, ATerima kasih atas pertanyaan AndaLepas suntik KB atau berhenti menggunakan suntik KB baisanya tubuh memerlukan adaptasi untuk penyesuaian hormon tubuh. Hal ini dikarenakan penggunaan suntik KB adalah jenis KB yang bersifat hormonal. Setelah berhenti menggunakan suntik KB 1 bulan, biasanya siklus haid akan kembali lancar sekitar 4 - 12 bulan kemudian, keadaan ini berebda-beda setiap wanita.

Selain pengaruh dari KB, beberapa kondisi yang bisa menyebabkan haid tidak lancar adalah:

  • Stres
  • Cemas
  • Berat badan tidak ideal
  • Ketidak seimbangan hormon tubuh
  • Penyakit pada organ reproduksi
  • Sindrom polikistik ovarium atau sering dikenal dengan istilah PCOS
  • Obesitas
  • Kelelahan fisik
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, bila sudah melakukan tes kehamilan dan hasilnya negatif, silakan lakukan tes kehamilan ulang 1 minggu kemudian untuk lebih memastikan. Sedangkan terkait apakah bisa langsung hamil atau tidak, perlu dipastian siklus haidnya teratru terlebih dahulu agar bisa menentukan masa subur dan menjalankan program hamilnya. Agar haid lancar lakukan olahraga ringan dengan rutin, konsumsi makanan bergizi, konsusmi sayur dan buah-buahan, minum air cukup, beristirahat cukup, atasi stres, dan jaga kebersihan organ intim. Periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan untuk tatalaksana lebih lanjut.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
hamilpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil