Apakah setelah lepas KB bisa langsung hamil?

AA Info Penanya: AA, Wanita, 21 Tahun
Dok.. apakah setelah haid yg lama (setelah lepas Kb) trs sdh bersih dan langsung berhubungan badan bsa langsung hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AAC. 

Terimakasih telah bertanya ke SehatQ.

KB adalah metode kontrasepsi untuk merencanakan kehamilan. KB ada beberapa jenis yaitu KB hormonal, dan KB non hormonal. 

KB hormonal yaitu KB pil, KB suntik 1 bulan, KB suntik 3 bulan, dan KB implan. KB hormonal adalah KB yang memiliki kandungan aktif hormon estrogen atau progesteron sintetik. Kedua hormon ini dapat memengaruhi ovulasi sel telur dan fertilisasi sel telur. 

KB non hormonal seperti IUD atau spiral, kondom untuk laki-laki dan kondom untuk perempuan tidak mengandung hormon, dan memanfaatkan proses tertentu dalam menunda kehamilan seperti dengan mencegah masuknya sperma ke dalam jalan lahir, mematikan atau memperlambat gerak sperma atau metode lain. 

Dalam konteks yang Anda berikan, apakah bisa langsung hamil setelah lepas KB, semuanya tergantung dari jenis KB yang Anda gunakan. Apakah KB hormonal atau non hormonal. Dan juga tergantung dari kesuburan Anda dan juga pasangan Anda. 

Pada dasarnya penggunaan KB non hormonal tidak membuat keseimbangan hormonal Anda terganggu sehingga setelah lepas KB non hormonal seperti KB spiral atau IUD, kesuburan akan langsung kembali. 

Sedangkan untuk penggunaan KB hormonal tertentu seperti KB suntik 3 bulan dan KB implan akan menjadi lebih lambat untuk kembali subur . Sebab, dalam KB ini hanya terkandung hormon progesteron sintetik, tanpa adanya hormon estrogen sintetik. Namun, sebagian kecil pengguna KB suntik 3 bulan dan KB susuk pun ada pula yang bisa kembali hamil lebih cepat meski baru berhenti suntik KB.

Sedangkan untuk KB suntik 1 bulan, Karena komposisinya identik dengan hormon alami tubuh karena mengandung hormon estrogen sintetik dan progesteron sintetik. pengguna KB suntik 1 bulan biasanya akan mengalami menstruasi seperti biasa. Usai penghentian penggunaannya, pengguna KB suntik 1 bulan jarang mengalami ketidaksuburan, dan biasanya bisa langsung subur dan hamil jika melakukan hubungan seksual tanpa pengaman. Adapun bila tidak mengalami kesuburan tidak sampai berbulan bulan agar bisa kembali subur. 

Kesuburan sendiri dipengaruhi oleh banyak hal, baik dari pasangan perempuan, dan laki laki memiliki faktor yang mempengaruhi kesuburan masing masih. Hal hal yang dapat menyebabkan ketidaksuburan antara lain:

  • usia yang semain tua
  • merokok, alkohol
  • Berat badan terlalu kurus atau berlebihan
  • gangguan ovulasi wanita (ganguan hormon)
  • kerusakan tabung saluran indung telur
  • penyakit endometriosiis
  • obat obatan tertentu
  • gangguan bentuk uterus/kandungan
  • fibroid
  • gangguan hormon pada pria
  • impotensi, ejakulasi dini
  • gangguan pada organ kelamin, seperti torsio testis, varicocele, infeksi,dll.

Untuk dapat memeriksakan kesuburan lebih lanjut ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk pasangan perempuan, dan ke dokter spesialis andrologi untuk pasangan laki laki. 

Semoga bermanfaat. 

Salam sehat. 

dr. Sandy

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh A
15 Jan 2020, 23:21
Dok... bulan kemarin saya masih kb 1 bln dan pada tgl 23 Desember saya haid, setelah bersih saya berhubungan badan dengan suami, setelah itu saya baru kb lagi, apakah saya tetap bisa hamil dok?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebagian pasangan melakukan program hamil agar bisa mendapatkan keturunan secepatnya

Ingin Merencanakan Program Hamil yang Sukses? Ikuti Tips Ini

Mendapatkan anak merupakan salah satu keinginan terbesar bagi setiap pasangan. Sebagian pasangan bahkan melakukan program hamil khusus agar bisa mendapatkan keturunan secepatnya. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar program kehamilan berjalan sukses.