Apakah setelah berhenti pil KB 1 bulan dapat segera hamil ?

IR Info Penanya: IR, Wanita
Maf dok mau tanya .. klo kb pil 1 bulan .. bln bsok nya udh gk kb .. bisa dpet tiket H gak ya ..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, IR.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Penggunaan alat kontrasepsi (KB) merupakan salah satu upaya yang umumnya dilakukan untuk merencanaan waktu kehamilan. Terdapat berbagai jenis KB, yang digolongkan kepada dua jenis yaitu KB hormonal dan Kb non-hormonal.

Berikut beberapa jenis KB yang tersedia di Indonesia :

  • IUD (tersedia yang mengandong hormon dan tidak)
  • kondom
  • pil, implan dan suntik yang merupakan KB hormonal
  • sterilisasai (tubektomi pada wanita dan vasektomi pada pria)

mengenai pertanyaan Anda, perlu diperhatikan bahwa apapun jenis KB yang Anda gunakan, kemungkinan akan terjadinya hamil tentunya tetap akan ada, karena efektivitas KB dalam mencegah kehamilan tidak 100%, apalagi Anda telah menghentikan penggunanaannya. Namun, yang perlu diketahui, apabila KB yang Anda gunakan mengandung hormon atau KB hormonal, maka saat penggunaannya, hormon didalam tubuh Anda akan mengalami perubahan dan terkadang menjadi tidak seimbang, dan ketika Anda menghentikan pemakaiannya, dibutuhkan waktu untuk kembali kepada keadaan seperti sedia kala. Dengan kata lain, terjadi ketidakseimbangan hormon yang merupakan efek samping dari penggunaan KB hormonal. Maka kemungkinan kehamilan tetap ada, tetapi apabila beberapa saat setelah pemberhentian KB, belum juga hamil, maka kemungkinan masih terdapat efek dari pemakaian KB tersebut terhadap hormon Anda.

Apabila Anda menginkan informasi yang lebih mendalam Anda dapat berkonsultasi langsung kepada dokter Spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara mengatasi sakit punggung saat hamil muda adalah hindari memutar pinggang saat menoleh

Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil Muda yang Tepat

Sakit punggung saat hamil muda merupakan hal normal, namun dapat juga mengindikasikan suatu penyakit. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit punggung saat hamil muda.