Apakah sering telat menstruasi bisa hamil?

AF Info Penanya: AF, Pria, 49 Tahun
Dok jika wanita sering telat menstruasi apakah bisa hamil
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AF

Siklus haid pada wanita menggambarkan bagaimana tubuhnya mempersiapkan diri untuk terjadinya kehamilan. Dari saat pematangan sel telur kemudian dilepaskan, sampai dengan mengganti dinding rahim bila tidak terjadi pembuahan. Rata-rata berlangsung selama 28 hari / 4 minggu. Kondisi menstruasi sering terlambat dan tidak teratur disebut oligomenorrhea. Bisa akibat penggunaan kontrasepsi hormonal, gangguan tiroid, diabetes, gangguan pola makan, aktivitas fisik terlalu berat atau efek samping dari obat.

Namun oligomenorrhea seringkali menandakan adanya gangguan PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome) yang dapat menyebabkan ketidaksuburan. Selain itu juga menandakan peningkatan resiko endometriosis dan kanker rahim. Oleh karena itu sebaiknya Anda konsultasi segera dengan Dokter Kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Saya lampirkan artikel Kenali Perbedaan PCOS dan Endometriosis pada Gangguan Kesuburan Wanita untuk referensi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

PCOS dipicu ketidakseimbangan hormon sehingga wanita sulit hamil dan memiliki keturunan

Yuk, Atur Strategi Makanan untuk PCOS Agar Cepat Hamil

Penderita PCOS perlu mengatur pola makan untuk mengurangi dampak sulit hamil. Makanan untuk PCOS agar cepat hamil harus kaya serat dan hindari pemicu naiknya kadar insulin dalam tubuh.