Apakah sering mengorek hidung berbahaya?

BS Info Penanya: BS, Pria, 19 Tahun
Apakah sering memancing mngorek² lembut lubang hidung (agar bersin) berbahaya kah Dok ??Saya sering mlakukan itu karena bagi saya bila sesudah bersin lalu kepala terasa ringan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi, B

 

Saya jelaskan terlebih dahulu ya, refleks bersin terjadi di saluran hidung ketika saluran tersebut terangsang oleh sesuatu yang dapat berupa debu/kotoran, udara dingin, memiliki alergi dan rangsangan lainnya salah satunya kebiasaan anda merangsang hidung dengan mengoreknya.

Bersin merupakan mekanisme normal tubuh untuk mencegah suatu penyakit. Namun sebaiknya kebiasaan tersebut dihindari ya, jika anda merasa sakit kepala, kepala terasa berat kemungkinan disebabkan oleh 2 hal yaitu primer dan sekunder

Penyebab sakit kepala primer adalah

- Sakit kepala tipe tegang : Seseorang yang terkena sakit kepala tegang biasanya merasakan tegang pada otot leher dan tekanan di belakang mata, maupun merasa kepala seperti diikat kencang atau diremas. Sakit kepala tegang biasanya tidak begitu mengganggu dan berlangsung selama 30 menit hingga beberapa jam saja. Namun, rasa sakit ini dapat juga bertahan selama beberapa hari.

- Sakit kepala tipe cluster : Sakit kepala cluster merupakan sakit kepala luar biasa di satu sisi kepala yang menimbulkan rasa sakit di sekitar mata. 

- Migrain : Migrain adalah rasa sakit berdenyut pada satu sisi kepala. Migrain sering disertai dengan mual, muntah dan peningkatan kepekaan terhadap cahaya dan suara.

 

Penyebab sakit kepala sekunder adalah

- Meningitis : Infeksi pada selaput otak yang menyebabkan sakit kepala, demam, leher kaku, kesadaran menurun

- Keganasan

- Trauma / kepala terbentur

 

Untuk memastikan penyebab sakit kepala anda saya sarankan berobat ke dokter spesialis saraf agar dipeiksa secara langsung dan diberikan obat yang sesuai ya.

Selama dirumah, anda bisa melakukan hal dibawah ini untuk meredakan sakit kepala anda 

1. Istirahat cukup

2. Hindari minuman berkafein seperti kopi atau teh

3. Jika nyeri tak tertahankan dapat meminum paracetamol untuk meredakan nyeri sementara

4. Jangan tidur larut malam

5. Kelola stress anda

6. Jalani gaya hidup sehat, berolahraga teratur, tidur dan makan dengan baik

7. Berhenti merokok dan tidak berolahraga saat cuaca terlalu panas.

 

Semoga membantu anda

 

Salam sehat

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab pusing yang dialami dapat berasal dari reaksi alergi dan obat yang dikonsumsi.

Ternyata Pusing Bisa Disebabkan Obat dan Alergi, Ini Alasannya

Seringkali Anda mengalami pusing tanpa mengetahui penyebabnya. Tanpa disadari, penyebab pusing yang Anda alami dapat berasal dari reaksi alergi dan obat yang Anda konsumsi.