08 Aug 2020, 11:41Perut

Sering mengonsumsi makanan pedas, apakah dapat mempengaruhi kesehatan lambung?

MC
Info Penanya: MC, Wanita0
Saya wanita umur 23 tahu, terbiasa makan makanan pedas walau tidak ekstrim. apabila saya makan fire chicken richeese, cuma kuat sampai lvl 3. lalu akhi2 ini setiap kali makan makanan pedas walau sedikit saja, perut saya langsung terasa tidak enak, sedikit mual dan panas. apa karena saya sudah sering makan pedas, jd tidak kuat lagi dok? tidak ada riwayat penyakit lambung yang parah. hanya maag biasa apabila telat makan dan bisa diatasi obat warung.
6472 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, MTerima kasih atas pertanyaan AndaPedas merupakan suatu sensasi rasa berupa tajam, nyeri, pada lidah saat mengonsumsi cabai. Mengonsumsi makanan dengan cita rasa yang dominan pedasdapat  meningkatkan produksi asam lambung. Jika hal ini terjadi secara berulang kali maka dapat mengiritasi permukaan dinding lambung. Karena terjadinya iritasi pada permukaan dinding lambung tersebut dapat menyebabkan adanya tukak lambung.Tukak lambung adalah suatu kondisi dimana terdapat luka pada dinding lambung. Kondisi ini biasanya dikarenakan oleh tingginya kadar asam lambung yang berlebihan sehingga menimbulkan luka. Tukak lambung juga bisa disebabkan oleh konsumsi obat antinyeri yang berlebihan tanpa petunjuk dokter, adanya infeksi bakteri, pola hidup tidak sehat, atau karena kondisi medis yang lainnya.

Adapun beberapa tanda dan gejala dari tukak lambung adalah:

  • Mual dan atau muntah
  • Perut terasa tidak nyaman (kembung)
  • Nyeri pada ulu hati atau bahkan timbul rasa panas terbakar
  • Mudah bersendawa
  • Nafsu makan turun
  • Gangguan pencernaan
  • Tinja berwarna kehitaman
Terkait dengan pertanyaan Anda, dengan mengonsumsi makanan pedas yang terlalu sering maka dikhawatirkan terjadi perlukaan pada dinding lambung Anda, atau bisa juga karena adanya masalah pencernaan yang lainnnya. Beberapa saran yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara mengatur pola makan agar tidak terlambat, hindari makanan yang bersifat pedas / makanan asam / makanan berlemak, hindari mengonsumsi kafein / miuman bersoda / alkohol, hindari stres dan juga kelelahan, cukupi kebutuhan cairan harian Anda setidaknya dengan minum 8 gelas perhari, lakukan olahraga ringan secara rutin. Bila keluhan dirasa tidak membaik, segera periksakan ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat supaya mendapatkan tatalaksana dan terapi yang sesuai dengan keluhan Anda.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
asam lambungpencernaantukak lambung
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil