28 Jun 2021, 13:52Perut

Apakah sering kentut itu bagus ?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 21 Tahun
Dok, sudah dua hari ini saya sering kentut. Apakah ini suatu tanda yang bagus untuk kesehatan atau malah suatu gejala penyakit?
132 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, Sl.Kentut adalah hal normal yang dilakukan setiap orang baik anak bayi, anak-anak, remaja, orang tua bahkan lansia. Kentut dapat terjadi sekali, dengan atau tanpa suara, bahkan dapat berulang seperti bunyi sautan kereta api yang membuat malu dan tidak nyaman orang sekitar.

Apa yang menyebabkan sering kentut ?

Normalnya setiap orang kentut sekitar 10 kali dalam sehari. Jika frekuensi kentut meningkat, terutama diikuti bau busuk, gangguan pencernaan seperti diare, ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Mengkonsumi makanan dengan kandungan gas atau menghasilkan gas seperti olahan susu, pisang, apel, gandum, minuman soda, kentang, ubi, kacang.
  • Makan terburu-buru, bicara sambil makan, menggunakan sedotan, dot, menyebabkan udara ikut tertelan.
  • Pasien GERD, dispepsia, intoleransi laktosa, irritabel bowel syndrome, crohn disease.
  • Konsumsi obat diabetes terutama akarbose.
Jika Anda sering kentut tanpa disertai keluhan lain dan diawali penyakit di atas, Anda tidak perlu cemas. Namun jika kentut tanpa henti dan timbul gangguan pencernaan, Anda perlu mengubah pola makan. Makan lebih teratur, makan perlahan, tidak bicara saat makan, jaga asupan makanan yang dikonsumsi dan atasi setiap penyakit yang mendasari.Jika tetap tidak membaik, konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam, lakukan pemeriksaan lengkap, fisik, darah, serta USG jika diperlukan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
asam lambunggangguan pencernaansaluran pencernaan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil