Apakah senam mata dapat mengatasi mata minus?

SS Info Penanya: SS, Wanita, 17 Tahun
Apakah dengan melakukan senam mata dapat mengurangi atau menyembuhkan mata minus / miopia ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SS

Terima kasih atas pertanyaannya.

Belum ada bukti ilmiah yang mengatakan senam mata bisa memperbaiki penglihatan. Namun, memang bisa membantu untuk mata pegal dan membuat mata terasa lebih baik. Gangguan mata umum seperti rabun jauh (myopia), rabun dekat (hypermetropia), atau astigmatisme kemungkinan tidak ada manfaat yang didapat dengan senam mata. Termasuk gangguan mata akibat usia, katarak dan glaucoma.

Senam mata tidak memperbaiki penglihatan tapi membantu kenyamanan mata Anda terutama bila terjadi iritasi saat bekerja di depan komputer seharian. Gejalanya seperti mata kering, mata pegal, penglihatan kabur dan sakit kepala.

Beberapa cara untuk olahraga mata, pada posisi duduk fokuskan mata pada ujung telunjuk Anda. Perlahan bergerak menjauh dari wajah. Kemudian melihat jauh untuk sementara. Setelah itu fokus kembali ke telunjuk anda dan bergerak mendekati wajah. Diulang sebanyak 3x. Aturan mudah untuk mencegah mata lelah adalah setiap 20 menit, lihat ke arah sesuatu dengan jarak 20 kaki selama 20 detik.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Blefaritis adalah penyakit yang disebabkan oleh rosacea atau benjolan kecil berwarna merah yang berisi nanah

Macam-Macam Penyakit Kulit yang Menyebabkan Blefaritis

Peradangan pada kelopak mata atau blefaritis umumnya terjadi pada bagian kelopak yang ditumbuhi oleh bulu mata. Ada beberapa penyakit lain yang menjadi pemicu blefaritis, salah satunya adalah alergi.