06 May 2020, 08:23Infeksi

Apakah semua penyakit selalu disebabkan oleh bakteri?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dokter, apakah bakteri selalu menjadi penyebab penyakit? Apa saja sih dok penyakit yang berbahaya yang disebabkan oleh bakteri?
13601 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, FF.Bakteri adalah organisme hidup yang berukuran kecil dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop. Ada bakteri yang memberi manfaat bagi manusia, misalnya flora normal yang berada di mulut, usus, dan vagina. Flora normal tersebut berfungsi untuk menjaga keseimbangan area tubuh tersebut dengan cara menghambat pertumbuhan mikroorganisme lainnya.

Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri

Selain bakteri baik, ada juga bakteri yang menyebabkan kerugian kepada manusia, dan menyebabkan penyakit berbahaya, di antaranya:

1. Tuberkulosis (TBC)

Disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis, organ yang paling sering terkena adalah paru-paru. Seseorang yang mengalami tuberkulosis paru biasanya akan mengalami batuk darah, penurunan berat badan, demam, dan keringat malam.

2. Meningitis

Bakteri penyebab meningitis bervariasi, salah satunya adalah Neisseria meningitidis. Seseorang dengan meningitis akan mengalami pembengkakan selaput otak yang menyebabkan penekanan struktur otak di sekitarnya.

3. Kusta

Memiliki gejala baal atau kebas pada kulit, kusta bisa menyebabkan kelumpuhan otot kaki dan tangan, bahkan sampai kehilangan jari tangan. Penyebab kusta adalah bakteri Mycobacterium leprae.

4. Tetanus

Tetanus terjadi ketika kulit terkena benda berkarat yang mengandung bakteri Clostridium tetani atau karena gigitan hewan. Penderita akan mengalami kekakuan otot, terutama rahang dan leher yang bisa menyebabkan gangguan napas. Terkait pertanyaan Anda, bakteri memang salah satu penyakit. Tapi selain bakteri, ada juga penyebab penyakit lain, seperti virus, alergen, atau penyakit metabolik seperti diabetes dan hipertensi. Jadi, agar terhindar dari semua penyebab penyakit ini, selalu lakukan hidup sehat yaitu mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, tidak begadang, dan rutin berolahraga.Terima kasih, semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr. Sylvia V
infeksi bakterituberkulosismeningitiskustatetanus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil