Apakah sekali berhubungan intim bisa langsung hamil?

MT Info Penanya: MT, Pria, 2019 Tahun
Maaf dok..saya ingin bertanya.,apakah sekali berhubungan intim bisa langsung hamil...?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, MT

Terima kasih atas pertanyaannya.

Proses kehamilan terjadi dengan cara sperma berhasil masuk kedalam rahim dan mencapai sel telur matang yang telah dilepaskan indung telur. Setelah itu sel telur yang telah dibuahi akan menempel di dinding rahim dan akan mulai membentuk kantung kehamilan yang berisi embrio atau bakal janin.

Ada beberapa hal yang harus dipenuhi yaitu sel telur matang harus sudah keluar atau wanita sedang mengalami ovulasi dalam siklus haidnya. Kemudian sperma harus dalam jumlah yang cukup agar dapat mencapai sel telur tersebut. Selain jumlah yang cukup juga harus dalam kondisi optimal agar bisa melewati cairan vagina, pintu rahim, rahim dan mencapai tuba fallopii dimana sel telur berada.

Kemudian pertanyaan anda apakah sekali berhubungan intim bisa langsung hamil? Banyak syarat yang harus dipenuhi namun bukan berarti kemungkinan hamil kecil tergantung dari faktor kesuburan masing-masing. Bila belum berencana untuk hamil, saran saya menggunakan metode kontrasepsi bisa dalam bentuk kondom, pil, suntik atau IUD. Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ukuran lingkar lengan atas menggambarkan lapisan lemak di bawah kulit dan jaringan otot yang menjadi indikator status nutrisi orang dewasa

Lingkar Lengan Atas, Indikator Penting Sebelum Jadi Bumil

Ukuran lingkar lengan atas ternyata dapat menjadi indikator status nutrisi orang dewasa. Lingkar lengan atas wanita usia subur di Indonesia setidaknya harus berukuran 23,5 cm sebelum hamil.