11 Dec 2020, 21:41Kandungan

Bagaimana cara menunda kehamilan?

L
Info Penanya: L0
Mlm dok...sy ibu 23 thun..sy dan suami bbrp wktu ini tgalx brjauhan..jdi kmi brniat menunda kehamilan untuk smntra wktu...tpi hri ini kbtuln kmi brtmu dan brhungan..tpi suami lupa memakai pengaman..apakh kemungkinan untuk hamilnya besar? Apa yg hrus sy lakukan biar tdk hamil dlu dok?
222 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Constantia Evelin Kwandang
(0)
Halo L, saya akan membantu menjawab pertanyaan Anda.Masa subur atau masa ovulasi pada umumnya terjadi pada hari ke 12-14 dihitung dari hari pertama tanggal  menstruasi pada bulan sebelumnya. Masa subur lebih mudah di tentukan jika siklus menstruasi Anda teratur. Namun jika silkus Anda tidak normal, Anda dapat tetap menentukan masa subur Anda menggunakan alat test keseburan seperti ovutest.Siklus menstruasi pada wanita umumnya 21-35 hari setiap bulan dengan durasi perdarahan 3-7 hari. Ada beberapa tanda bila Anda sedang dalam masa subur :
  • Suhu tubuh meningkat
  • Keputihan
  • Gairah seks meningkat
  • Nyeri pada payudara
Jika anda ingin menunda kehamilan, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan KB yang lebih pasti, yaitu KB hormonal seperti pil, suntik, atau implan atau non-hormonal seperti kondom dan IUD sebagai alternatif. Pemilihan KB tergantung pada seberapa lama Anda ingin menunda kehamilan, namun untuk KB hormonal Anda mungkin akan mendapat efek samping peningkatan berat badan, jadi pertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan.Pilihan berikutnya, jika Anda sudah terlanjur berhubungan dan tidak ingin hamil, ada KB darurat yang dapat Anda minum jika hubungan belum berlangsung lebih dari 72jam. Salam sehat,dr. Evelin kwandang
menstruasipenggunaan kbmerencanakan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil