Kapan harus USG?

HH Info Penanya: HH, Wanita, 1 Tahun
Dok sya mau tanya, pada tgl 25maret sya mens normal seperti biasa 7/8hri seperti biasanya, dan pda awal april sekitar tgl 6/8 saya kembali mens tapi tidak seperti mens biasa darah mens hanya keluar sedikit dan keluar 2x di hari yg berbeda, setelah selesai mens itu sya merasa mual agak pusing dan pda tgl 29 april sya coba tes kehamilan 3x selama 3hri dan hasilnya postif, apakah saya sudah bisa priksa kedokter?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi HH,

USG adalah pemeriksaan yang sering dikerjakan oleh dokter kandungan untuk memastikan organ reproduksi wanita, terutama bila sedang hamil maka USG akan digunakan untuk memantau perkembangan janin, serta ada tidaknya masalah lainnya seperti letak plasenta.

Dari kronologi yang Anda ceritakan, memang besar kemungkinan Anda sedang hamil. Pemeriksaan USG sebaiknya dilakukan saat usia kehamilan sekitar 5-6 minggu karena di minggu-minggu tersebut biasanya janin sudah mulai tampak. Namun terkadang janin juga baru terlihat saat usia kehamilan 8 minggu.

Bila HPHT Anda di tanggal 25 Maret, maka perkiraan saat ini usia kehamilan Anda adalah 5-6 minggu. Anda bisa melakukan pemeriksaan USG sekarang juga atau saat usia kehamilan 8 minggu untuk lebih pastinya.

Yang penting jaga kehamilan Anda dengan cara:

  • Rutin mengonsumsi suplemen asam folat dan omega 3.
  • Minum susu secara teratur.
  • Perbanyak makan sayur hijau dan daging sapi tanpa lemak atau asupan protein lainnya.
  • Olahraga ringan misal berjalan 30 menit rutin seminggu 2-3 kali.
  • Cukup tidur.
  • Jangan stres.

Bila ada keluhan perut kram, atau muncul flek, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memastikan kehamilan Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kondisi tertentu membuat ibu hamil memerlukan tes NIPT untuk mendeteksi kelainan kromosom pada janin

Perlukah Ibu Hamil Melakukan Tes NIPT untuk Mengetahui Kelainan Kromosom Janin?

Non-invasive prenatal testing atau tes NIPT adalah pemeriksaan kehamilan yang digunakan untuk menunjukkan kelainan kromosom tertentu pada janin yang sedang berkembang. Tes ini dapat melihat kelainan kromosom pada janin.