Apakah saya sedang depresi?

SM Info Penanya: SM, Wanita, 24 Tahun
Apakah saya sedang mengalami depresi?Saya berusaha menarik diri dari lingkungan, berkomunikasi dg sedikit orang, saya merantau dan jauh dr orangtua sehingga sy tdk bisa berbagi cerita dg orang lain. Sy lebih memilih diam atau menangis ketika sy merasa benar benar lelah
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SM,

Merasa menarik diri, merasa sedih dan menangis tidak selalu karena depresi tetapi bisa merupakan bentuk perasaan yang wajar. Tetapi jika dibiarkan berlarut-larut atau tidak mampu dikelola dengan baik maka bisa menimbulkan depresi yang disertai merasa tidak berharga, merasa kehilangan minat dengan kegiatan sehari-hari, sampai bisa menimbulkan keinginan untuk menyakiti diri sendiri.

Sebelum hal tersebut terjadi perlu dilakukan pencegahan dan penanganan diantaranya dengan mengelola apa yang menjadi penyebab masalahnya, mulailah bisa mengalihkan pada pikiran positif, berbagi cerita dengan orang yang dipercaya atau orang terdekat seperti misalnya teman di lingkungan rantau, mengalihkan dengan kegiatan-kegiatan yang positif seperti misalnya bersosialisasi dengan teman kerja, berolahraga secara rutin ataupun bisa memeriksakan diri pada profesional seperti dokter spesialis jiwa atau pada psikolog untuk dilakukan evaluasi dan penanganan baik melalui konseling atau psikoterapi maupun pemberian obat jika diperlukan. 

Anda juga bisa membaca artikel kesehatan kami mengenai cara meredakan depresi.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rasa cemas dan takut menjadi segelintir dampak buruk dari berita hoax.

Dampak Buruk Berita Hoax pada Kesehatan Mental, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Siapa sangka, berita hoax bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan mental Anda. Dampaknya bisa berupa stres, hingga memengaruhi kesehatan jantung. Sebelum hal itu terjadi, baca penjelasan ilmiahnya ini.